Breaking News:

Berita Pemkab Mahakam Ulu

Sampaikan Nota Pengantar Rancangan KUA-PPAS, Wabup Sebut Ada Lima Prioritas Pembangunan di Mahulu

Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) melalui Wakil Bupati Mahulu Drs. Yohanes Avun, M.Si. menyampaikan Nota Pengantar Rancangan Kebijakan Umum

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Wakil Bupati Mahulu Yohanes Avun (kiri) menyampaikan Nota Pengantar Rancangan KUA dan PPAS secara virtual saat Rapat Paripurna DPRD Mahulu ke-17 Masa Sidang II Tahun 2021 yang dipimpin Ketua DPRD Novita Bulant (kanan), Jumat (20/8/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) melalui Wakil Bupati Mahulu Drs. Yohanes Avun, M.Si. menyampaikan Nota Pengantar Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) secara virtual dari kediaman wabup, Jumat (20/8/2021).

Nota pengantar disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD Mahulu ke-17 Masa Sidang II Tahun 2021 yang digelar di ruang rapat Bapelitbangda.

Turut hadir Sekretaris Daerah Dr Stephanus Madang, S.Sos., MM dan Asisten Bidang Ekonomi, Sosial Pembangunan E. Tek Hen Yohanes, S.Pd.

Baca juga: Pemkab Hibahkan 7 Hektare Lahan, Dukung Percepatan Pembentukan Polres Mahakam Ulu

Wabup Yohanes Avun menyampaikan mengenai KUA dan PPAS berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 27 tahun 2021 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2022.

"Sesuai Permendagri Nomor 27 Tahun 2021, pemerintah kabupaten/kota dalam menyusun rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) harus sejalan dengan prioritas pembangunan nasional," ujar wabup.

Nota pengantar KUA dan PPAS ini dalam rangka upaya mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

"Sidang paripurna ini dilakukan sebagai salah satu upaya mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah untuk pencapaian sasaran prioritas, dan target kinerja pembangunan daerah yang serasi dan terintegrasi dalam RPJMD Kabupaten Mahulu 2021-2026," jelas wabup.

Menurut wabup, terdapat 5 hal yang menjadi prioritas pembangunan Kabupaten Mahulu dengan mengusung tema RKPD "Percepatan Daya Saing Daerah Dalam Mendukung Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan".

Pertama, memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkelanjutan.

Kedua adalah percepatan pemerataan pelayanan infrastruktur dasar, ketiga percepatan pemerataan pelayanan dan peningkatan kualitas dan kesehatan.

Selanjutnya, percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi dan terakhir pemulihan ekonomi dampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Selangkah Lagi Masuk Zona Kuning, Pintu Masuk Kabupaten Mahulu Masih Diperketat 

Di akhir sambutan, wabup menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota DPRD Mahulu dalam upaya membangun untuk semua, sejahtera berkeadilan.

"Saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada saudara pimpinan dan anggota DPRD yang terhormat atas kerja sama yang baik antara eksekutif dan legislatif, sehingga terjalin hubungan yang baik dalam melaksanakan pemerintahan yang transparan, efisien, dan akuntabel," pungkasnya. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved