Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Bupati Serahkan 33 Alsintan Program Kukar Idaman, Buah Sinergi Eksekutif dengan Legislatif

Sebanyak 33 alat dan mesin pertanian (alsintan) prapanen diserahkan oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah secara simbolis kepada

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Bupati Kutai Kartanegar, Edi Damansyah saat menyerahkan secara simbolis 33 alsintan program Kukar Idaman, buah sinergi dengan legislatif. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sebanyak 33 alat dan mesin pertanian (alsintan) prapanen diserahkan oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah secara simbolis kepada kelompok tani tujuh kecamatan di Balai Benih Induk (BBI) Pal 7, Desa Rempanga, Kecamatan Loa Kulu, tengah pekan tadi.

Pada acara itu, Bupati didampingi Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji, Wakil Ketua DPRD Kukar Alif Turiadi, serta Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar Sutikno.

Alsintan tersebut berupa traktor roda empat, traktor roda dua tipe glebeg, pompa air, handsprayer elektrik, combine harvester besar multiguna, power threser, power threser multiguna mobile, dan corn sheller mobile.

Baca juga: 17 Desa Belum Diterangi Listrik PLN, Pemkab Kukar Siap Dukung Kelancaran Proyek Kelistrikan

Edi Damansyah mengatakan, penyerahan alsintan kepada kelompok tani di Kukar itu merupakan program prioritas Kukar Idaman dalam pengembangan pertanian dalam arti luas, khususnya penyediaan alsintan yang menjadi kebutuhan petani.

"Kami di Kukar mengusulkan dan menyiapkan data-data kelompok tani yang akan menerima bantuan berkoordinasi dengan anggota DPR RI dapil Kaltim G Budisatrio Djiwandono. Alhamdullilah, dari proses dan responsnya berjalan dengan baik. Inilah yang selalu saya katakan pada jajaran, khususnya Dinas Pertanian dan Peternakan, bahwa saat ini kita tidak bisa bekerja sendiri harus bersinergi berkolaborasi dengan legislatif. Saya ucapkan terima kasih kepada DPR RI dapil Kaltim G Budisatrio Djiwandono, Ketua DPRD Kaltim Seno Aji dan Wakil Ketua DPRD Kukar Alif Turiadi yang sudah sama-sama bekerja keras, sehingga pada hari ini bisa membantu peralatan pertanian yang dilakukan secara bertahap," ucapnya.

Selanjutnya, dikatakan Edi, kerja pertanian di Kukar berbasis kawasan, di mana kawasan tersebut ditetapkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) yang bisa diwujudkan dalam tiga tahun ke depan.

Misalnya, menetapkan kawasan Muara Kaman, Sebulu, Tenggarong Seberang, Loa Kulu, Loa Janan, Marangkayu dan Anggana.

Edi optimistis banyak perusahan akan membuka peluang kerja sama dan berinvestasi di Kukar.

Ia berharap semua harapan para petani bisa terwujud secara bertahap.

Baca juga: Wabup Ikuti Arahan Presiden secara Virtual, Jokowi Minta Jangan Lengah, Segera Percepat Vaksinasi

Sementara Seno Aji mengungkapkan, DPRD Provinsi Kaltim akan mendukung kegiatan bupati Kukar dalam hal pengembangan pertanian dalam arti luas.

"Kami selalu berkomunikasi di mana bupati sekarang lagi fokus pada visi dan misinya bidang pertanian, kami meminta DPR RI dapil Kaltim G Budisatrio Djiwandono sebagai wakil ketua Komisi IV yang membidangi pertanian, menurunkan bantuan ke Kukar seperti 33 alsintan. Tidak hanya itu, kami juga akan menurunkan bibit dan pupuk supaya petani Kukar bisa maju berkembang," bebernya.

Ditambahkannya, pertanian dalam arti luas merupakan salah satu investasi yang ada di Kukar selain sumber daya alam. (adv)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved