Berita Kukar Terkini

Penilaian Binter di Desa Tanjung Batu Sebagai Kawasan Pangan Nasional di Kukar

TNI AD tengah melakukan penilaian lomba Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayah Kodim 0906/Kutai Kartanegara (KKR) selama dua hari

Penulis: Aris Joni | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI
Kegiatan penilaian Binter di Desa Sinergi Hijau Desa Tanjung Batu, Tenggarong Seberang, Kukar.TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI 

TRIBUNKALTIM.CO,TENGGARONG- TNI AD tengah melakukan penilaian lomba Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayah Kodim 0906/Kutai Kartanegara (KKR) selama dua hari.

Dimana, pada Senin (30/8/2021) kemarin, penilaian di Tinjau langsung oleh tim penilai dari Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) di Makodim 0906/KKR sekitar pukul 08.00 Wita.

Kemudian, pada hari ini, Selasa (31/8/2021) kegiatan penilaian lanjutan di Desa Tanjung Batu Kecamatan Tenggarong Seberang.

Diketahui, lomba binter merupakan program Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) guna melihat pengembangan dan pembinaan wilayah teritorial. 

Terlebih, Kodim 0906/KKR diunggulkan dalam tingkat nasional dalam salah satu programnya yakni Kawasan Strategis Cadangan Pangan di desa Tanjung Batu Tenggarong Seberang.

Baca juga: TMMD ke-112 Bulan Depan, Kodim 0908 Bontang Renovasi Tempat Ibadah dan Penyuluhan Bahaya Teroris

Dalam pelaksanaan penilaian tersebut, Ketua tim penilaian, Kolonel Inf Pranito Dwinarman mengatakan, kegiatan binter tersebut pihaknya melakukan penilaian terhadap 11 Kodim dan Kodim 0906/KKR termasuk salah satu Kodim klasifikasi B yang menjadi penilaian.

“Sehingga bapak pimpinan TNI AD menunjuk saya sebagai ketua tim. Kita berharap, kita tidak mencari juara dulu, karena yang menentukan juara itu bukan saya, tapi di TNI AD sana.

Hanya saja, saya membawa misi, apa yang saya lihat kinerja Dandim disini yang bersinergi dengan masyarakat dan tokoh-tokoh sehingga bermanfaat bagi masyarakat itu dulu,” jelasnya.

Karena ucap dia, karya satuan Kowil diharapkan bermanfaat untuk masyarakat dan akan menjadi kodim percontohan bagi kodim-kodim lainnya.

Ia menjelaskan, penilaian Binter untuk menghasilkan kodim unggulan yang menjadi percontohan tersebut, kriterianya tidak hanya pada kegiatan program dan non program saja, melainkan ada program unggulan yang menjadi permasalahan di masing-masing wilayah.

“Kan tiap daerah memiliki tantangannya sendiri-sendiri. Diisitu kita lihat komandan satuan kowil menggebrak dan mau mewujudkan kesejahteraan masyarakat ditempatnya,” katanya.

Seperti salah satunya Desa Tanjung Batu ini kata Kolonel Inf Pranito, berdasarkan hasil diskusinya bahwa desa tersebut awalnya merupakan desa tertinggal yang jarang tersebtuh, namun di bawah kepemimpinan Dandim 0906/KKR Letkol Inf Charles Alling dan disupport masyarakat, Danrem dan Bupati Kukar sehingga kesejahteraan di desat itu dapat terwujud.

Baca juga: Kodim 0909/KTM Distribusikan 20 Ton Beras Bantuan dari Jokowi buat Warga Terdampak Pandemi di Kutim

“Inilah yang menjadi kunci saya untuk menjawab di TNI AD nanti, bahwa Dandim beserta satuannya Koramil, Babinsa telah berbuat di wilayah yang ia pimpin. Kalau persentasenya 30 persen baik dan 70 persennya baik sekali,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah mengungkapkan, kinerja dan sinergitas Kodim 0906/KK dengan pemerintah daerah dan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan, dan ekonomi di Kukar dinilainya cukup baik.

Bahkan, ia juga mengapresiasi jajaran TNI AD yang menetapkan desa Tanjung Batu sebagai desa mandiri dan desa sinergi hijau, dalam hal penetapan desa tersebut sebagai kawasan cadangan pangan nasional yang memang menjadi salah satu program prioritas pemkab Kukar dalam hal megembangkan sektor pertanian dalam arti luas.

“Perkembangan pertanian berbasis kawasan ini sebagai awal dan akan kita dorong ke desa-desa lain,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro menuturkan, dalam hal kinerja, pihaknya selalu memberikan arahan yang sama ke semua kodim terkait arahan dari pimpinan TNI AD, salah satunya menyiapkan program dengan baik dan menyiapkan ketahanan pangannya.

“Nah, hal ini memang kita nilai di jajaran korem, mana yang lebih tinggi peringkatnya itulah yang kita dorong untuk naik ketingkat kodam dan selanjutnya. Dan kebetulan, Kodim 0906/KK mendapat peringkat tertinggi di jajaran kami,” pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved