Breaking News:

Virus Corona di Kubar

Kejar Target Vaksinasi, Dinkes Kutai Barat Mulai Distribusikan Vaksin Tiap Kecamatan

Upaya penaganan Covid-19 melalui program vaksinasi di Kutai Barat terus dipercepat.

Penulis: Zainul | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL
Pendistribusian vaksin ditiap-tiap Puskesmas yang ada di  kecamatan, Kutai Barat.TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR- Upaya penaganan Covid-19 melalui program vaksinasi di Kutai Barat terus dipercepat.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Ratawati Sinaga mengatakan, program vaksinasi itu dilakukan dengan tujuan segera tercapainya kekebalan kelompok (herd immunity) di masyarakat dalam kondisi pandemi Covid-19.

Dengan dukungan stok vaksin yang telah  diterima Pemkab Kubar beberapa waktu lalu, target percepatan vaksinasi keseluruh masyarakat Kutai Barat segera tercai.

Bahkan vaksin tersebut mulai disebarkan ke tiap-tiap puskesmas yang berada di 16 kecamatan. Apalagi sesuai janji dan arahan Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungannya ke Kalimantan kemarin.

Dimana Kaltim pun termasuk dalam daerah yang diprioritaskan dalam pendistribusian vaksin ini.

Baca juga: Stok Vaksin untuk Kubar Aman, Dinkes Usulkan Penambahan Kuota ke Provinsi

"Terus kita distribusikan (vaksin) ke tiap-tiap puskesmas. Jadi kalau sudah ada vaksin yang datang, langsung kita jadwalkan serta habiskan untuk dosis pertama dan kedua bagi masyarakat. Baik itu di pusat ibu kota kabupaten maupun kecamatan lainnya," kata Kepala Dinkes Kubar, dr. Ritawati Sinaga, Rabu (1/9).

Menurut Rita hingga sekarang ini penyaluran vaksin dari pemerintah pusat cukup lancar. Sehingga distribusi ke tiap kecamatan pun tetap berjalan sesuai jadwal.

"Apalagi beberapa hari lalu, Kubar kedatangan vaksin jenis Sinovac yang diprioritaskan untuk pelajar dalam rangkan mendukung terlaksananya Pembelajaran Tatap Muka," ungkapnya.  

Ditambahkan oleh penanggung jawab vaksin Kabupaten Kubar, Yohana menyebutkan saat ini dirinya bersama tim juga sedang mendistribusikan vaksin-vaksin tersebut.

Salah satunya yang dilakukan di Kecamatan Bongan.

"Kebetulan sekarang kita lagi mendistribusikan vaksin di Kecamatan Bongan. Kemudian akan kita lanjutkan ke kecamatan-kecamatan lainnya. Kendala yang dihadapi hanya lebih kepada kondisi geografis saja dimana jarak antar kecamatan ini sangat jauh," terangnya.

Meskip demikian, tim pendistribusian vaksin dari Dinkes Kubar ini akan tetap menyalurkan vaksin-vaksin pada tiap kecamatan.

Agar bisa segera pula disuntikkan kepada masyarakat yang akan diatur oleh masing-masing puskesmas.

Baca juga: Gubernur Isran Noor Ungkap Kabar Gembira dari Jokowi untuk Masyarakat Kaltim soal Vaksin Covid-19

"Kalau ada vaksin yang datang, langsung kita distribusikan ke tiap-tiap puskesmas. Ya harapannya penyaluran dari pusat dan provinsi juga bisa terus lancar.

Agar bisa diberikan kepada masyarakat demi terciptanya kekebalan kelompok. Sehingga kita bisa melalui dan terbebas dari pandemi Covid-19," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved