Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Tingkatkan Pemahaman OPD di Lingkup Pemkab Kukar, Sekda Sosialisasi Regulasi Kerja Sama Daerah

Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar), H Sunggono didampingi Kepala Bagian Kerjasama Setkab Kukar, Junaidi membuka sosialisasi Peraturan

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Sekda H Sunggono saat sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kerja Sama Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 25 Tahun 2020 tentang Tata Cara Kerja Sama Luar Negeri. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar), H Sunggono didampingi Kepala Bagian Kerjasama Setkab Kukar, Junaidi membuka sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kerja Sama Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Tata Cara Kerja Sama Luar Negeri di Kantor Bupati setempat, Rabu (25/8/2021).

Sosialisasi garapan Bagian Kerjasama Setkab Kukar itu diikuti seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Kukar secara daring dan dihadiri secara daring pula Kepala Bagian Kerjasama Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Kaltim, Agung Masuprianggono.

Baca juga: Bupati Berharap Kodim 0906 Raih Prestasi Terbaik Binter

Bupati Edi Damansyah dalam sambutannya yang dibacakan Sunggono mengatakan, kolaborasi dengan berbagai pihak sudah menjadi suatu keharusan.

Kerja sama daerah dengan daerah lainnya, pihak ketiga, bahkan dengan pemerintah daerah dan lembaga di luar negeri pada akhirnya menjadi suatu keniscayaan.

Oleh karena itu, pemerintah telah merumuskan beberapa regulasi terkait kerja sama daerah, mulai dari Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang menegaskan bahwa kerja sama daerah dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Kemudian Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kerja Sama Daerah, juga Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Tata Cara Kerja Sama Luar Negeri yang akan disosialisasikan pada hari ini.

Kerja sama daerah juga dimaksudkan sebagai sarana untuk lebih memantapkan hubungan dan keterikatan daerah yang satu dengan daerah yang lain dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, menyerasikan pembangunan daerah, menyinergikan potensi antar daerah, daerah dengan pihak ketiga, dan daerah dengan pemerintah daerah atau lembaga di luar negeri serta meningkatkan pertukaran pengetahuan, teknologi, dan kapasitas fiskal daerah.

Termasuk juga kerja sama dalam rangka menghadapi sekaligus menanggulangi dampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Massal bagi Pelajar, Bupati: Ayo Ikut Divaksin!

Bupati mengingatkan kaitan dengan kerja sama daerah ini, tidak hanya menjadi tanggung jawab dari salah satu bagian tertentu, tetapi merupakan satu kesatuan tanggung jawab yang meliputi seluruh sektor dan seluruh jajaran pemerintahan.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kasubbag Kerjasama Luar Negeri, Joni Ringgo dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakan rakor ini dimaksudkan sebagai sarana peningkatan pemahaman kepada OPD di lingkup Pemkab Kukar sebagai dasar untuk melakukan kerja sama baik dalam maupun luar negeri.

Sebagai narasumber, hadir Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Setjen Kemendagri DR. Heriyandi Roni, M.S. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved