Breaking News:

Virus Corona di Berau

Disdukcapil Berau Percepat Dokumen Akta Kematian Pasien Positif Covid-19

Angka kematian yang terus terjadi di tengah pandemi Covid-19, mengharuskan Disdukcapil Berau berkomitmen mempercepat pelayanan dokumen akta kematian

TRIBUNKALTIM.CO/HO
Angka kematian yang terus terjadi di tengah pandemi Covid-19, mengharuskan Disdukcapil Berau berkomitmen mempercepat pelayanan dokumen akta kematian.TRIBUNKALTIM.CO/HO/BPBD Berau 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB- Angka kematian yang terus terjadi di tengah pandemi Covid-19, mengharuskan Disdukcapil Berau berkomitmen mempercepat pelayanan dokumen akta kematian.

Kepala Disdukcapil Berau, David Pamuji mengakui hal ini menjadi konsen dari pihaknya dan membutuhkan kerjasama.

Pihaknya sudah melayangkan surat kepada lurah, kepala kampung dengan inti meminta, kerjasama agar dapat diinstruksikan kepada ketua RT agar pro aktif mendaftarkan masyarakat yang keluarganya meninggal, terutama pasca positif Covid-19.

“Kami meminta agar secara kumulatif ya, jadi RT mendata, jika ada lebih dari satu warga ada yang meninggal, data itu dijadikan satu, nanti kita lapor ke register online,” ungkapnya kepada TribunKaltim.Co, Kamis (2/9/2021).

David mengakui bahwa sudah ada form yang dibagikan untuk memperkuat kerjasama di tingkat terdekat.

Baca juga: Mengurus Dokumen Kependudukan di Disdukcapil Berau Harus Menggunakan Sertifikat Vaksin? Hoax!

Begitu juga percepatan dokumen akta kematian masih terbilang sulit. Lantaran inisiatif masyarakat untuk melapor sangat kurang.

“Agak sulit, jika mengharapkan masyarakat untuk melapor sendiri,” terangnya.

Kemudian, pihaknya telah membuat surat ke Dinas Kesehatan untuk meminta laporan data per bulan yang meninggal dari rumah sakit, terutama pasca Covid-19 agar data valid.

Menurutnya dari data Dinas Kesehatan sudah cukup membantu.

Jika akta kematian berubah, maka pihak Disdukcapil juga akan membantu pada perubahan di Kartu Keluarga (KK) sehingga, tidak bekerja dua kali.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved