Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Pemkab Lakukan Penyederhanaan Birokrasi, Hasilkan OPD yang Efektif dan Efisien

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sedang melaksanakan penyederhanaan birokrasi untuk menghasilkan organisasi perangkat daerah (OPD) yang

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara, Sunggono saat memimpin rapat koordinasi kelembagaan kepegawaian secara virtual di kantor bupati, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sedang melaksanakan penyederhanaan birokrasi untuk menghasilkan organisasi perangkat daerah (OPD) yang memiliki fungsi dan akselerasi efektif dan efisien sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Hal tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) Nomor 17 Tahun 2021 dan PermenPAN-RB Nomor 25 Tahun 2021.

Baca juga: Bupati Optimistis Lahan Eks Tambang Bisa Produktif

Sekretaris Daerah Kukar Sunggono mengatakan, tahapan penyederhanaan birokrasi yang sudah dilakukan yakni pengusulan penyederhanaan struktur dan penyetaraan jabatan.

"Tahapan penyederhanaan struktur sudah mendapat pertimbangan dan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri dan gubernur Kaltim," ujarnya saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Kelembagaan Kepegawaian di kantor bupati, pekan tadi.

Menurut sekda, tahapan berikutnya yang akan dilakukan adalah penyusunan dan penetapan peraturan kepala daerah yang merupakan hasil cascading atau proses penjabaran sasaran strategis antara hasil penyederhanaan struktur organisasi dan evaluasi kelembagaan perangkat daerah yang disesuaikan dengan kewenangan, program, dan kegiatan, sehingga menghasilkan perangkat daerah yang memiliki fungsi dan akselerasi yang efektif dan efisien sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Dalam proses penetapan peraturan kepala daerah itu akan diusulkan kembali penyetaraan jabatan.

Baca juga: Tingkatkan Pemahaman OPD di Lingkup Pemkab Kukar, Sekda Sosialisasi Regulasi Kerja Sama Daerah

Kemudian, sekda mengajak peserta rakor agar benar-benar mempedomani peraturan yang berlaku, sehingga tak ada lagi perencanaan kelembagaan yang tidak tepat fungsi dan SDM yang tidak sesuai kompetensi dan syarat jabatan, sehingga bisa mewujudkan tercapainya target dan program visi-misi Kukar Idaman 2021-2026 serta target program nasional.

Pada kesempatan itu, sekda didampingi Asisten I Setkab Kukar Akhmad Taufik Hidayat, Plt Asisten II Setkab Kukar Wiyono, kepala OPD terkait, serta seluruh perangkat daerah Kukar yang mengikuti secara virtual. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved