Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Bupati Bertekad Tingkatkan Produktivitas Pertanian Sekaligus Memudahkan Pemasaran Produk-produknya

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah bertekad meningkatkan produksi hingga memudahkan pemasaran produk pertanian dalam arti luas

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah saat panen produk pertanian dalam beberapa kesempatan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah bertekad meningkatkan produksi hingga memudahkan pemasaran produk pertanian dalam arti luas di kabupaten yang dipimpinnya.

"Kami melakukan perubahan ke depan meningkatkan produktivitas hingga pemasarannya, ini tentu sudah masuk dalam RPJMD Kukar Idaman dimana sudah persiapkan hulu dan hilirnya," ujar Edi Damansyah saat menyerahkan alat mesin pertanian kepada kelompok tani hasil kolaborasi dengan legislatif, baru-baru ini.

Baca juga: Bupati Optimistis Lahan Eks Tambang Bisa Produktif

Adapun upaya yang dilakukan Pemkab Kukar yakni pengembangan pertanian dalam arti luas berbasis kawasan hingga hilirnya bermuara pada industrialisasi.

Seperti dua minggu lalu, Kukar sudah melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan untuk komoditas jagung hibrida, yakni kerja sama budi daya dan jual beli hasil panennya.

Begitu pula dengan panen padi di Kukar, menurut Edi, sudah ada dunia usaha yang mulai menjajaki untuk bekerja sama.

"Kami suruh petani menanam dan kami carikan pembelinya. Ini akan diwujudkan secara bertahap. Begitu pula dengan tanaman jahe, kami sudah komunikasi dengan Sido Muncul tentang kerjasama pembelian jahe," ujarnya bersemangat.

Selanjutnya, dikatakan Edi, pertanian Kukar berbasis kawasan terrsebut ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang bisa diwujudkan dalam 3 tahun ke depan.

Misalnya menetapkan kawasan Muara Kaman, Sebulu, Tenggarong Seberang, Loa Kulu, Loa Janan, Marangkayu dan Anggana.

Baca juga: Pemkab Lakukan Penyederhanaan Birokrasi, Hasilkan OPD yang Efektif dan Efisien

Hal tersebut dilihat dari perkembangan pertanian cukup berkembang dan maju tinggal bagaimana mendorong penguatan dan pengelolaannya yang dulunya secara manual dan ke depannya akan dilakukan secara mekanisasi. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved