Breaking News:

Berita Pemkab Mahakam Ulu

Pemkab Mahulu Salurkan Biaya Tanam Rp 2 Juta per Hektare

Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, S.H. menyerahkan secara simbolis bantuan tahunan Rp 2 juta per hektare bagi warga Mahulu yang

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh saat menyerahkan bantuan tahunan Rp 2 juta per hektare bagi warga Mahulu yang membuka lahan pertanian kering padi gunung pada musim tanam 2021. Penyerahan secara simbolis ini berlangsung di Kampung Long Melaham, Selasa (21/9/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, S.H. menyerahkan secara simbolis bantuan tahunan Rp 2 juta per hektare bagi warga Mahulu yang membuka lahan pertanian kering padi gunung pada musim tanam 2021 di Kampung Long Melaham, Selasa (21/9/2021). 

Dalam kesempatan ini, bupati didampingi oleh Wakil Bupati Mahulu Drs. Yohanes Avun, M.Si.; Ketua DPRD Mahulu Yovita Bulan, S.E., M.BA.; dan anggota DPRD Wenny, S.E.

Baca juga: Evaluasi Percepatan Penyediaan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan, Sekda Pimpin Rapat RAD

Bupati dalam sambutannya berharap, bantuan yang diberikan  bisa meringankan beban para petani pada masa pandemi Covid-19.

"Program pemberian bantuan ini bertujuan untuk membantu ekonomi para petani, khususnya pada masa pandemi Covid-19 dalam bentuk bantuan biaya tanam padi ladang," ungkap bupati.

Bupati menambahkan bahwa untuk menyukseskan program ketahanan pangan ini, Pemkab Mahulu melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) akan memberikan bantuan sebesar Rp 2 juta per hektare dengan target 3.000 hektare pembukaan lahan yang akan diberikan bantuan pada tahun 2021.

"Penyerahan dan penyaluran bantuan untuk seluruh penerima bantuan akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan bantuan," jelas bupati.

Baca juga: Gelar SLPHT bagi Penyuluh Pertanian Lapangan, DKPP Mahulu Tingkatkan Pengendalian Hama Terpadu

Saat ini, kata bupati, pendataan terus dilanjutkan sebab ladang petani terkadang sulit untuk dijangkau oleh petugas pendataan.

Selanjutnya akan dilakukan evaluasi terkait peraturan dan tata laksana program ini sehingga seluruh masyarakat atau petani akan mendapatkan manfaatnya secara merata.

Sementara itu dalam laporannya Kepala DKPP Mahulu Saripudin menyampaikan, Pemkab Mahulu akan menyerahkan bantuan biaya tanam untuk masyarakat tani yang membuka ladang lahan kering atau padi gunung.

"Memang tidak semua petani lahan kering padi gunung ini, pada tahun ini yang membuat ladang ada juga yang terkendala cuaca serta masing-masing kampung memiliki kebiasaan masing-masing, namun kita optimis bantuan ini akan sesuai dengan target yang di arahkan oleh Bupati Mahulu," ungkapnya.

Baca juga: Bupati Pimpin Rakor Khusus Jembatan Sungai Ratah, Bahas Percepatan Pembangunan dan Tuntutan Warga

Dalam kesempatan ini, hadir pula Asisten Bidang Sosial Ekonomi dan Pembangunan Setkab Mahulu, E Tek Hen Yohanes, S.Pd.; Kepala Dinas PUPR Yohanes Andi Abeh, S.Sos., M.Si.; Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Mahulu, Damianus Tamha, S.E.; Camat Long Bagun Yason Liah, Kapolsek Long Bagun AKP Purwanto, Danramil 03/Long Bagun Lettu Inf I Wayan Sudiarsa. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved