Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

Diduga Terlibat Pungli PTSL, Lurah Sungai Kapih dan Seorang PNS Ditangkap, Polisi Segera Beber Kasus

Temuan pungutan liar dalam pengurusan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) belum dibeberkan oleh pihak kepolisian resor Kota Samarinda.

TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD FAIROUSSANIY
Kantor Kelurahan Sungai Kapih, Jalan Tatako, Sungai Kapih, Kecamatan Sambutan, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD FAIROUSSANIY 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Temuan pungutan liar dalam pengurusan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) belum dibeberkan oleh pihak kepolisian resor Kota Samarinda.

Dari pantauan dan penelusuran media ini, PTSL yang sejatinya dengan biaya nol rupiah dan juga program Presiden RI Joko Widodo nyatanya dimanfaatkan oknum di Kelurahan Sungai Kapih.

Bukannya membantu pengurusan bagi warga pemilik tanah, oknum ini malah meminta uang ke masyarakat yang akan mengurus surat tanah.

Satu berkas dihargai senilai Rp 1.500.000.

Pungli yang terjadi, kini menjadi ramai diperbincangkan, terlebih adanya seorang makelar pengurusan PTSL Kelurahan Sungai Kapih berinisial RL, diamankan Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polresta Samarinda pada Senin (4/10/2021) lalu.

Baca juga: Percepatan Program PTSL, Skema BPHTB Terhutang Disiapkan Kantor Pertanahan Malinau

Baca juga: Serahkan Sertifikat Program PTSL, Wabup Imbau Warganya Jangan Dijadikan Agunan Kredit Konsumtif

Baca juga: Wawali Balikpapan Rahmad Masud Serahkan Ratusan Sertifikat PTSL kepada Warga Teritip

RL ialah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), namun secara pasti media ini belum mengetahui RL tercatat pegawai di instansi mana.

Ditangkapnya RL juga turut menyeret Lurah Sungai Kapih Edy Apriliansyah untuk diperiksa dan kabarnya ditangkap Polresta Samarinda terkait dengan pungli tersebut.

Namun, saat awak media mencoba mengkonfirmasi perihal kebenaran pemeriksaan serta penangkapannya, melalui sambungan telepon seluler dan pesan singkat, respons tak kunjung didapat media ini.

Camat Sambutan, Yoshua Laden saat dikonfirmasi media ini juga tak berkomentar banyak, terkait pemeriksaan yang dilakukan kepolisian terhadap Lurah Sungai Kapih

"Infonya demikian (diperiksa kepolisian), saya masih coba cari info lebih lanjut. Karena kami masih nunggu status semua," ujarnya, Kamis (7/10/2021) petang.

Terpisah Waka Polresta Samarinda, AKBP Eko Budiarto yang juga merupakan Ketua Saber Pungli Kota Samarinda, saat dikonfrimasi, tidak detail mengungkapan pemeriksaan serta penangkapan terhadap RL dan Lurah Sungai Kapih Edy Apriliansyah.

Baca juga: Konflik Sosial Sengketa Tanah di Paser Sering Terjadi, Program PTSL 2020 Solusi Permasalahan

Meski tidak membeberkan dan membenarkan secara langsung, AKBP Eko Budiarto menyampaikan bahwa kasus pungli PTSL yang diungkap jajarannya akan dirilis.

"Nanti hari Senin kita (akan) rilis," ucap mantan Kapolres Kepulauan Aru ini. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved