Breaking News:

Penyaluran Kompetensi Mahasiswa Akhir maupun Alumni, 14 Perusahaan Ramaikan Job Fair Poltekba

Politeknik Negeri Balikpapan menggelar jobfair bagi lulusan maupun alumni serta mahasiswa tingkat akhir.

Editor: Diah Anggraeni
Tribun Kaltim/Dwi Ardianto
Job Fair di Politeknik Negeri Balikpapan yang diselenggarakan Kamis (7/10/2021) hari ini diikuti oleh 14 perusahaan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) menggelar Job Fair bagi lulusan maupun alumni serta mahasiswa tingkat akhir.

Direktur Poltekba Ramli, S.E., M.M. mem0m0m0m0okko00mok0mokkkmok0mok -  -  -- -            -    --         --            -    - p[ngatakan, tujuan utamanya adalah penyaluran kompetensi yang dimiliki mahasiswa akhir maupun alumni Poltekba agar dapat mengenal dunia usaha atau industri.

"Perihal berjodoh atau tidaknya nanti 'kan kembali lagi kepada kompetensi yang dimiliki alumni atau mahasiswa tingkat akhir tersebut dan yang diharapkan atau dibutuhkan oleh industri itu sendiri," kata Ramli.

Baca juga: Dosen Poltekba Beri Pendampingan Karya Tulis Ilmiah PTK Guru SMK Negeri 2 PPU

Ramli memaparkan, kesempatan mahasiswa tingkat akhir atau alumni yang berpartisipasi dalam kegiatan jobfair tahunan ini adalah sebesar 50 persen pada tahun lalu.

"Pada tahun lalu, mungkin sekitar kurang lebih 50 persen yang diterima melalui Job Fair seperti ini, sementara yang lainnya tidak melalui jobfair," paparnya.

Selain itu, Ramli juga mengungkapkan bahwa mahasiswa tingkat akhir atau alumni yang berpartisipasi dalam kegiatan Job Fair ini telah melalui sertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang dimiliki Poltekba sendiri.

"Kami memiliki LSP yang dibawahi Badan Nasional Sertifikasi Profesi juga kan, jadi yang berpartisipasi dalam event ini juga sudah dipastikan kompeten dalam bidangnya masing-masing," ungkapnya.

Baca juga: Poltekba Lakukan Pendampingan di Desa Wisata Mentawir, Penguatan Pokdarwis hingga Digital Branding

Adapun Jobfair ini diikuti oleh 14 perusahaan yang bekerja sama dengan Poltekba yaitu PT. Ekadharma, PT. Equiport Inti Indonesia, PT. Epiroc Southern Asia, Barras Kitchen, PT. Karya Bhumi Lestari, PT. Sutindo, PT. Mutual Plus Global Resources, PT. Permodalan Nasional Madani, Hotel Midtown, SwissBell Hotel, Hotel Golden Tulip, Hotel Grand Senyiur, PT. Hexindo (virtual), PT. Saba Indomedika (virtual).

"Ada dua perusahaan yang memang berkontribusi secara virtual karena kebijakan dari perusahaannya sendiri yang meminta secara online," ujar Kepala Career Development Center Poltekba, Rahmat Bangun Giarto, S.T., M.Eng.

Baca juga: Poltekba Beri Bantuan AC Trainer Karya Mahasiswa untuk SMK Negeri 5 Balikpapan

Bangun juga menuturkan, Job Fair yang hanya digelar sehari ini tidak hanya terfokus pada alumni Poltekba saja, tetapi universitas lain juga bisa berpartisipasi.

"Tidak menutup kemungkinan jika ada alumni universitas lain yang mau berpartisipasi juga kita sangat terbuka ya," kata Ramli. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved