Breaking News:

Berita Malinau terkini

Terkendala Status Kawasan, Pemkab Menunggu Usulan Permohonan Lahan TPU Malinau Utara

Permohonan izin penggunaan lahan tersebut dipersiapkan untuk lahan baru TPU Malinau Kota karena luas lahan yang terbatas

Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD SUPRI
Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Malinau Kota, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu.TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD SUPRI 

TRIBUNKALTIM.CO,MALINAUPemerintah Kabupaten Malinau saat ini masih menanti permohonan penggunaan lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Desa Malinau Seberang, Kecamatan Malinau Utara, Minggu (10/10/2021).

Permohonan izin penggunaan lahan tersebut dipersiapkan untuk lahan baru TPU Malinau Kota karena luas lahan yang terbatas.

Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau, Ernes Silvanus mengungkapkan hingga saat ini pihaknya masih menunggu tindak lanjut usulan tersebut.

Menurutnya, usulan tersebut telah lama diajukan namun terkendala status kawasan.

Baca juga: Kajari Jaja Raharja Beber Urgensi Pengadaan Rutan dan Lapas di Malinau

Baca juga: Rasio Terkonfirmasi Covid-19 di Malinau Fluktuatif, Angka Pasien Dirawat Menurun

Baca juga: Beasiswa Kaltara Unggul 2021, Mahasiswa di Malinau Usul Kemudahan Administrasi Pendaftaran

Sebab sebagian besar wilayah Kecamatan Malinau Utara merupakan wilayah hutan produksi.

“Kita sudah beberapa kali mengajukan ijin penggunaan kawasan di Desa Malinau Seberang. Itu untuk kawasan pemakaman, karena TPU di Malinau Kota mulai padat,” ujarnya.

Ernes Silvanus menerangkan, dari total keseluruhan luas wilayah Kabupaten Malinau sekira 3,9 juta hektare, hanya sekira 300 ribu hektare yang berstatus sebagai areal penggunaan lain atau APL.

Rencana penggunaan lahan TPU di Desa Malinau seberang diakuinya telah diusulkan sejak lama.

Perubahan peruntukan dan fungsi kawasan hutan menunggu rekomendasi dari Pemerintah Provinsi Kaltara kepada Badan Pemantapan Kawasan Hutan atau BPKH.

“Terakhir kemarin ada pertemuan di Tarakan terkait usulan ini. Tapi kami belum menerima informasi permohonannya sudah sampai di mana.

Kami minta untuk lahan perkuburan saja. Harapan kita ada dorongan yang kuat dari Provinsi terkait pengajuan tersebut,” katanya.

Baca juga: Petani Usulkan Bantuan Alat Pertanian, Kades Malinau Kota Sebut Pengadaan Dianggarkan Tahun 2022

Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau rencananya akan memanfaatkan sekira 55 hektare lahan di Desa Malinau Seberang yang diperuntukkan untuk lahan TPU tersebut. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved