Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Percepat Terciptanya Herd Immunity, Dewan Imbau Masyarakat Manfaatkan Vaksinasi

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Jawad Sirajuddin mengimbau masyarakat Kaltim agar terus berpartisipasi dalam pelaksanaan vaksinasi, baik bagi diri

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas DPRD Kaltim
Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Jawad Sirajuddin mengimbau masyarakat Kaltim agar berpartisipasi dalam pelaksanaan vaksinasi, baik bagi diri pribadi maupun keluarga terdekat. Hal ini harus dilakukan guna mempercepat terciptanya herd immunity. 

TRIBUNKALTIM.CO - Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Jawad Sirajuddin mengimbau masyarakat Kaltim agar terus berpartisipasi dalam pelaksanaan vaksinasi, baik bagi diri pribadi maupun keluarga terdekat agar herd immunity semakin meluas.

Baca juga: Dewan Dorong Edukasi Vaksinasi di Masyarakat

Ia menjelaskan, herd immunity atau kekebalan kelompok adalah keadaan ketika masyarakat sudah imun (kebal) terhadap penyakit menular.

"Bila sebagian besar orang sudah imun, maka penyebaran penyakit semakin kecil, sehingga efek yang ditimbulkannya pun tidak akan separah kondisi awal," jelasnya.

Menurutnya, mengejar herd immunity juga berarti akan melindungi kelompok rentan yang tak bisa divaksin, misalnya karena kondisi kesehatan seperti alergi terhadap vaksin.

"Jadi, vaksin Covid-19 tak sebatas melindungi diri kita sendiri, tapi juga secara tak langsung menyelamatkan mereka yang kondisinya rentan," ujarnya.

Baca juga: Sutomo Semangati Atlet Panahan Kaltim di Arena PON XX Papua

Politikus PAN ini juga menyampaikan manfaat vaksinasi kepada masyarakat tidak hanya menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, namun juga mendorong terbentuknya herd immunity dan meminimalkan dampak ekonomi dan sosial.

"Vaksin Covid-19 ini memberi banyak manfaat, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga bagi banyak orang. Oleh sebab itu, meskipun banyak beredar isu-isu seputar vaksin yang belum jelas kebenarannya. Saya mengajak kepada masyarakat Kaltim untuk tidak ragu atau takut menjalani vaksinasi," tandasnya. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved