Breaking News:

Otomotif

Apakah Polisi Berhak Menyita STNK yang Belum Bayar Pajak? Simak Penjelasan Berikut Ini

Surat tanda nomor kendaraan atau lebih dikenal dengan STNK merupakan salah satu dokumen penting yang wajib dibawa saat berkendara.

Editor: Diah Anggraeni
Warta Kota/Nur Ichsan
Pengendara kerap adu argumentasi dengan polisi dan menyatakan bahwa STNK-nya masih berlaku jadi tidak bisa ditilang kalau belum bayar pajak tahunan. Lantas, siapa yang berhak menyita STNK kalau enggak bayar pajak tahunan? 

TRIBUNKALTIM.CO - Surat tanda nomor kendaraan atau lebih dikenal dengan STNK merupakan salah satu dokumen penting yang wajib dibawa saat berkendara.

Oleh karenanya, STNK harus diperpanjang setiap lima tahun sekali dan setiap tahunnya ada pajak kendaraan bermotor (PKB) yang harus dibayarkan

Namun, sering juga orang beranggapan kalau tidak bayar PKB bisa bebas dari polisi asal STNK masih hidup.

Baca juga: Lengkap Cara Mengurus STNK Hilang atau Rusak, Berkas-berkas ini yang Harus Disiapkan

Bahkan, pengendara kerap adu argumentasi dengan polisi dan menyatakan bahwa STNK-nya masih berlaku jadi tidak bisa ditilang kalau belum bayar pajak tahunan.

Banyak pengguna kendaraan masih menggunakan alasan mengenai tugas kepolisian yang tidak boleh mengurusi pajak kendaraan.

Lantas, siapa yang berhak menyita STNK kalau enggak bayar pajak tahunan?

"Aturan STNK ada di dalam Pasal 37 ayat 2 dan 3 Peraturan Kapolri No.5 Tahun 2012 Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor," ujar AKBP Argi Wiyono, Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya di Jakarta, Senin (11/10/2021).

Adapun ayat 2 dalam pasal tersebut berisi STNK sebagai bukti legitimasi pengoperasian kendaraan bermotor.

Baca juga: Mengapa SIM Lebih Diutamakan Ketimbang STNK saat Penilangan? Simak Penjelasan Polisi Berikut Ini

Sementara ayat 3 berisi STNK berlaku selama lima tahun sejak tanggal diterbitkan pertama kali, perpanjangan, atau pendaftaran mutasi dari luar wilayah regident dan harus dimintakan pengesahan setiap tahun.

Kesimpulannya, jika atas kendaraan bermotor tersebut belum dilakukan pembayaran pajak, maka pengemudi dianggap tidak dapat menunjukkan STNK yang sah.

Halaman
12
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved