Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Hadiri Kampanye Gerakan Nasional BBI Kaltim, Makmur Minta UMKM Dibekali Literasi Digital

Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK mengapresiasi terselenggaranya kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kaltim.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas DPRD Kaltim
Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK menghadiri kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Kaltim di Plenary Hall, Samarinda, Selasa (12/10/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK mengapresiasi terselenggaranya kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kaltim.

Acara yang bertajuk "Go Borneo-Percaya Desa, karena Desa Bisa" tersebut digelar pada Selasa (12/10/2021).

Acara yang diinisiasi oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) ini dihadiri langsung oleh Mendes PDTT, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Koperasi dan UKM, Gubernur Bank Indonesia, Wakil Menteri Perdagangan, Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim, serta Forkopimda Kaltim. Juga dihadiri oleh seluruh walikota dan bupati se Kaltim melalu virtual.

Baca juga: Gelar Bimbingan Teknis di Kaltim, Makmur Apresiasi KPK

Disampaikan Makmur, berdasarkan informasi yang disampaikan Menko Marves Luhut B. Pandjaitan, sejak BBI diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 hingga September 2021, jumlah UMKM on-boarding telah bertambah lebih dari 8 juta unit.

"Artinya, meskipun berada di tengah pandemi Covid-19, nyatanya masyarakat Indonesia masih mampu untuk terus produktif dan berkarya bagi Indonesia," ujarnya.

Makmur meminta kepada pelaku UMKM agar dilakukan pembekalan sumber daya manusia dengan literasi digital, yang mengajarkan keseimbangan antara perkembangan teknologi dan peningkatan kompetensi di samping menggali potensi daerahnya.

"Untuk itu, para pelaku UMKM untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas produk dan layanan yang diberikan, seperti dengan memanfaatkan ranah digital. Saya kira, pemerintah daerah mampu mendorong lebih banyak UMKM Kaltim yang masuk ke platform e-commerce dan berkontribusi bagi pencapaian target BBI," ujarnya.

Baca juga: DPRD Kaltim Gelar Rakor Bersama KPK, Dihadiri DPRD Se-Kalimantan Timur

Sementara itu, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar menyampaikan program Gernas BBI telah membantu dan menginspirasi UMKM untuk tumbuh berkembang mendorong ekonomi desa dan memulihkan ekonomi nasional.

"Di bawah koordinasi Pak Menko, gerakan ini berhasil memajukan dan memperluas cakupan pemasaran, bahkan meningkat hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya," sebut dia. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved