Breaking News:

Berita Nunukan Terkini

Penyusunan RPJMD Nunukan, Bupati Asmin Laura: Pemda Harus Linear dengan Provinsi dan Pusat

Bupati Nunukan, Asmin Laura sebut pengaplikasian visi dan misi bupati terpilih 2021-2026 yang tertuang dalam RPJMD.

Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/FEBRIANUS FELIS
Bupati Nunukan Asmin Laura saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan RPJMD Kabupaten Nunukan, Senin (18/10/2021) siang. 

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Bupati Nunukan, Asmin Laura sebut pengaplikasian visi dan misi bupati terpilih 2021-2026 yang tertuang dalam RPJMD harus sinergi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

Hal itu disampaikan Asmin Laura seusai membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan RPJMD Kabupaten Nunukan.

Tadi ada saran dan masukan dari Bapennas dan provinsi. Saat ini pemerintah daerah harus linear dengan provinsi dan pusat.

"Artinya visi dan misi kita boleh berbeda tapi bentuk pengaplikasiannya harus kita sinergikan," kata Asmin Laura kepada TribunKaltara.com, saat ditemui di Kantor Bupati Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara pada Senin (18/10/2021), pukul 11.30 Wita.

Baca juga: Bupati Nunukan Asmin Laura Minta Komite Sekolah Susun Formula PTM Terbatas Tingkat SD

Baca juga: Angka Positif Covid-19 di Nunukan Kurang dari 5%, Bupati Asmin Laura Minta Warga Tak Berpuas Diri

Baca juga: Sebut Capaian Vaksinasi di Nunukan Baru 35 Persen, Bupati Asmin Laura: Akhir Tahun Harus 70 Persen

Menurutnya, Musrenbang yang berlangsung pagi tadi lebih kepada pemantapan program dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Selain itu, kata Laura, RPJMD Kabupaten Nunukan tahun 2021-2026 harus sejalan dengan RPJPD Kabupaten Nunukan tahun 2005-2025, RPJMN 2019-2024, dan RPJMD Provinsi Kaltara 2021-2026.

Dalam rangka penyusunan RPJMD ada enam tahapan, salah satunya Musrenbang. Musrenbang ini lebih kepada pemantapan saja.

"Apa yang OPD sudah kerjakan 3 sampai 4 bulan selama menyusun RPJMD bupati terpilih 2021-2026, mereka kembali evaluasi," ucap Laura.

Baca juga: PPKM di Nunukan Turun ke Level III, Bupati Asmin Laura Ingatkan Penguatan 3T

Laura meminta agar OPD mengecek pengaplikasian RPJMD di tingkat provinsi. Sehingga apa yang menjadi prioritas daerah dapat disinergikan.

"Misalnya keluhan dan tantangan kita dari segi anggaran. Nah, kita coba melihat provinsi seperti apa. Masing-masing dinas cek ke provinsi. Setelah itu dikoordinasikan antara kabupaten, provinsi dan pusat," ujarnya.

Laura menuturkan, RPJMD Kabupaten Nunukan tahun 2021-2026 merupakan arah dan panduan pembangunan untuk mencapai visi dan misi kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih selama lima tahun ke depan.

Dia berharap, melalui RPJMD itu mampu memecahkan permasalahan dan isu strategis yang berkembang di Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara. 

Baca juga: Wabup Nunukan Hanafiah Sampaikan Ranwal RPJMD Tahun 2021-2026

"Beberapa isu strategis yang segera diselesaikan berkaitan dengan pemulihan ekonomi, peningkatan kualitas SDM, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan termasuk penanganan dampak pandemi Covid-19," tuturnya.

Lebih lanjut dia sampaikan isu strategis lainnya yakni berhubungan dengan penurunan angka kemiskinan, pemenuhan kebutuhan primer masyarakat seperti air bersih, listrik, rumah layak huni, akses jalan, dan telekomunikasi.

Lalu, kesempatan kerja dan berusaha, Sustainable Development Goal's (SDG'S), Standar Pelayanan Minimal (SPM), dan Indeks Pembangunan Pembangunan Manusia. (*)

Sumber: Tribun kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved