Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Program Terang Kampongku, Sejumlah Desa di Kukar Nikmati Listrik 24 Jam

Program 'Terang Kampongku' merupakan salah satu program dalam visi misi Kukar Idaman. Guna mewujudkannya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Bupati Kukar Edi Damansyah saat mengunjungi warga Tabang dan Kembang Janggut guna memastikan listrik di rumahnya menyala 24 jam, Sabtu (23/10/2021) lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO - Program Terang Kampongku merupakan salah satu program dalam visi misi Kukar Idaman.

Guna mewujudkannya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) bekerja sama dengan PLN agar desa-desa yang tadinya listrik hanya nyala 12 jam, sekarang sudah 24 jam.

Hal itu diungkapkan Bupati Kukar Edi Damansyah pada Sabtu (23/10/2021) lalu.

"Jadi, itu (listrik untuk warga. Red) yang terus kami pantau secara langsung. Program ini kerja sama Pemkab Kukar dengan PLN, sehingga desa-desa yang tadinya 12 jam aliran listriknya meningkat menjadi 24 jam," ungkapnya.

Baca juga: Bupati Luncurkan KKI Bunga Nol Persen, Program Kredit Kukar Idaman Khusus Pelaku UMKM

Selama ini ketersediaan listrik di beberapa desa, di antaranya, di wilayah hulu hanya 12 jam dan itu pun hanya malam hari.

Di mana ada dua penyuplai, yakni pembangkit listrik di desa yang selama ini dikelola PLN dan jaringan PLN yang bekerja sama dengan PT Rea Kaltim, karena di sana ada pengolahan limbah yang diubah menjadi energi.

Disebutkannya, dampak dari peningkatan ketersediaan listrik itu sangat besar dirasakan masyarakat.

"Contohnya, warung-warung yang selama ini kesulitan menyediakan es batu, sekarang sudah bisa bikin sendiri dan kegiatan-kegiatan yang lain dapat berjalan. Itu salah satu contohnya," katanya.

Baca juga: Bupati Gaungkan Hashtag #2022KUKARLIMA, MTQ ke-42 Kutai Kartanegara Resmi Dimulai

Disebutkannya lagi, di sisi lain ada beberapa desa sulit terjangkau fasilitas PLN.

"Ini yang kita tuntaskan kedepannya dengan konsep penyediaan listrik tenaga surya atau komunal seperti yang kita lakukan di Muara Enggelam," katanya.

Ia berharap dengan ketersediaan listrik 24 jam dan sarana air bersih, aktivitas masyarakat yang berkaitan dengan ekonomi kerakyatan terus berjalan.

"Pelayanan dasar dan hak masyarakat itu yang selalu saya sampaikan yang harus kita penuhi," pungkasnya. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved