Breaking News:

Virus Corona

Syarat dan Aturan Baru Naik Pesawat di Jawa Bali, Tetap Wajib PCR atau Antigen Meski Sudah Vaksin

Pemerintah kembali memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-4 di Jawa-Bali mulai 2 sampai 15 November 2021.

Warta Kota/Nur Ichsan
ILUSTRASI- Bandara Soekarno Hatta kembali ramai oleh para penumpang pesawat yang datang maupun hendak pergi ke sejumlah daerah seperti terlihat, Minggu (10/10/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Simak aturan terbaru naik pesawat di Jawa Bali, tetap wajib PCR atau Antigen meski sudah vaksin.

Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Pemerintah kembali memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-4 di Jawa-Bali mulai 2 sampai 15 November 2021.

Baca juga: Naik Pesawat tanpa PCR Mulai 1 November 2021, Ada Ketentuan Antigen untuk Perjalanan Darat

Baca juga: Syarat Naik Pesawat Terbaru tak Perlu Tes PCR, Khusus Penerbangan Luar Jawa-Bali Cukup Pakai Antigen

Baca juga: ATURAN Terbaru Bagi Penumpang Pesawat, Bisa Gunakan Tes Antigen untuk Terbang di Luar Jawa & Bali

Keputusan itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 57 Tahun 2021 yang diteken Mendagri Tito Karnavian pada 1 November 2021.

Seperti dilansir dari Kompas.com, dalam Inmendagri tersebut diatur, pertama bahwa pelaku perjalanan menggunakan moda transportasi udara atau pesawat harus memiliki kartu vaksin.

Kedua, bagi pelaku perjalanan udara yang masuk dan keluar Jawa-Bali dan sudah divaksin dosis lengkap diminta menunjukkan hasil tes antigen yang diambil pada H-1 sebelum keberangkatan.

Sementara itu, bagi pelaku perjalanan udara yang masuk dan keluar Jawa-Bali dan baru divaksin dosis pertama diminta menunjukkan hasil tes PCR yang sampelnya diambil pada H-3 sebelum keberangkatan.

Ketiga, untuk pelaku perjalanan udara antar wilayah Jawa-Bali dan sudah divaksin dosis lengkap diminta untuk menunjukkan hasil tes antigen yang sampelnya diambil pada H-1 sebelum keberangkatan.

Adapun bagi pelaku perjalanan antar wilayah Jawa-Bali yang baru divaksinasi dosis pertama diminta menunjukkan hasil tes PCR yang sampelnya diambil pada H-3 sebelum keberangkatan.

Untuk diketahui, PPKM Level 1-4 pertama kali diterapkan pada 21-25 Juli.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved