Breaking News:

Berita Kutai Barat Terkini

Bupati FX Yapan Harap Momen HUT Ke-22 Kutai Barat Menambah Semangat Benahi Program Pembangunan

Hari ulang tahun atau HUT ke-22 Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur diperingati pada Jumat 5 November 2021.

Penulis: Zainul | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL
Bupati Kutai Barat FX Yapan saat memotong tumpeng dan memberikan kepada Wakilnya, H Edyanto Arkan serta beberapa OPD di sela rapat paripurna istimewa dalam rangka HUT ke-22 Kabupaten Kutai Barat di DPRD setempat. TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR  - Hari ulang tahun atau HUT ke-22 Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur diperingati pada Jumat 5 November 2021.

Roda pemerintahan Kabupaten Kutai Barat yang kini masih dikomandoi FX Yapan beserta Wakilnya H Edyanto Arkan terus berkomitmen untuk melakukan program pembangunan  Kabupaten Kutai Barat sebagai daerah penyangga ibukota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. 

Bahkan Bupati FX Yapan berharap penuh melalui momentum peringatan HUT Kubar kali ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk memacu semangat dan meningkat koordinasi antar instansi dalam rangka pembangunan Kutai Barat yang semakin adil, mandiri dan sejahtera berlandaskan ekonomi kerakyatan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Hal ini juga sesui dengan visi misi Bupati FX Yapan dan wakilnya H. Edyanto Arkan pada memimpin periode yang ke dua kalinya yakni 2021-2024.

"Harapan saya momentum ini dapat membawa semangat pembenahan dengan tetap menjaga suasana yang kondusif dan daerah kita ini karena dalam suasana yang semakin adil mandiri dan sejahtera tentram dan damai. Melaksanakan tahapan pembangunan dengan sebaik-baiknya terutama untuk dapat mewujudkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan bagi masyarakat" ujarnya.

Baca juga: Jelang HUT ke 22 Kubar, Bupati FX Yapan Instruksikan Pemasangan Umbul-umbul

Baca juga: Sambut HUT ke-22 Kutim, KPC Resmikan Pusat Pembibitan Unggas Lokal Berkapasitas 6.000 Ekor Indukan

Baca juga: Digelar Dalam Rangka HUT ke-22 Kutim, 5.000 Pelajar di 33 Sekolah Ikuti Vaksinasi KPC-IA ITB

Dia juga menyebutkan penurunan angka pasien yang terpapar Covid-19 di Kutai Barat terus membaik dan meminta masyarakat agar tidak lengah dan terus melaksanakan protokol

kesehatan untuk mewaspadai terjadinya gelombang ke-3 pandemi covid 19 yang diprediksi secara nasional akan terjadi pada akhir tahun ini hingga awal Tahun 2022.

Bagi eksekutif kata FX Yapan, peringatan HUT ini akan menjadi sangat istimewa ketika para jajaran eksekutif beserta masyarakat dan seluruh stakeholder yang ada, mampu melaksanakan refleksi dan konsentrasi dengan perjuangan dan semangat pengabdian demi mewujudkan cita-cita bersama menjadikan kehidupan dan masa depan masyarakat Kutai Barat yang lebih baik.

Untuk diketahui, Kabupaten Kutai Barat merupakan wilayah pemekaran dari Kabupaten Kutai Kartanegara berdasarkan undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang pembentukan Kabupaten Nunukan kabupaten Malinau Kabupaten Kutai Barat Kabupaten Kutai Timur dan Kota Bontang.

Hari jadi Kabupaten Kutai Barat pun ditetapkan berdasarkan pada peraturan daerah Kabupaten Kutai Barat nomor 17 tahun 2002 tentang hari jadi Kabupaten Kutai Barat dan Sebagaimana telah diubah dengan peraturan daerah Kabupaten Kutai Barat nomor 5 tahun 2016.

Baca juga: Ada Pasar Rakyat di HUT Kubar

"Masa kepemimpinan saya dengan Bapak Haji Edyanto Arkan telah berjalan pada masa periode pertama 2016-2021 dan kembali menerima kepercayaan dari masyarakat untuk kembali memimpin jalannya roda pemerintahan di Kutai Barat pada periode kedua 2021-2024 dengan tetap mengedepankan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan bagi masyarakat yang mana hal ini tertuang dalam misi kerja pemerintahan periode 2021-2024," ujar FX Yapan

Politisi PDIP itu juga membebrkan struktur perekonomian Kabupaten Kutai Barat sejak tahun 2016 hingga tahun 2020 relatif tidak banyak mengalami pergeseran struktur perekonomian.

Dan Kabupaten Kutai Barat masih didominasi oleh lapangan usaha berbasis sumber daya alam (SDA) yaitu lapangan usaha Pada kategori pertambangan dan penggalian serta kategori pertanian Kehutanan dan Perikanan.

Baca juga: Visi Misi yang Dibacakan Saat HUT Kutim Bukan Milik ASKB, Bupati Ardiansyah Ungkap Kekesalannya

Pada tahun 2020 sumbangan yang terbesar dihasilkan oleh lapangan usaha pertambangan dan penggalian sebesar 45,50% kemudian pertanian Kehutanan dan Perikanan 14, 88% konstruksi 12,9% dan Perdagangan besar dan eceran reparasi mobil dan motor 8,2% sementara peran lapangan usaha lainnya di bawah 5%.

Meski demikian, FX Yapan mengakui pada tahun 2020 struktur ekonomi Kutai Barat juga belum menunjukkan pergerakan yang berarti bahkan beberapa sektor Mengalami penurunan. Seiring dengan upaya pemulihan ekonomi global dan nasional dalam masa pandemi covid 19 situasi ekonomi regional Kutai Barat juga menunjukkan pergerakan negatif di tahun 2020 yaitu sebesar 2, 92%.

Kondisi ini pun berbanding dari tahun sebelumnya di mana laju pertumbuhan ekonomi Kutai Barat tahun 2019 yang meningkat hingga mencapai 5, 58% mengalami peningkatan dari tahun 2018 yang tumbuh sebesar 5,04%.

"Proses pembangunan yang kami laksanakan berfokus pada sejahteraan sosial meliputi pembangunan yang berkaitan dengan kehidupan sosial masyarakat antara lain pendidikan kesehatan dan pemenuhan kebutuhan dasar sosial masyarakat lainnya," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved