Breaking News:

Berita Kubar Terkini

Tingkatkan Upaya Penanggulangan Karhutla, BPBD Kubar Gelar Pembinaan Aparatur Pemadam Kebakaran 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), terus melakukan langkah-langkah antisipasi terjadinya kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)

Penulis: Zainul | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL
Sekdakab Kutai Barat Ayonius saat membuka kegiatan pembinaan aparatur pemadam kebakaran di hotel Sidodadi, Barong Tongkok. TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), terus melakukan langkah-langkah antisipasi terjadinya kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Terlebih lagi wilayah Kutai Barat sendiri dikenal memiliki kawasan hutan yang cukup luas dan sangat perlu dijaga dan dilestarikan. 

Upaya penanggulangan dan antisipasi Karhutla tersebut ditunjukan melalui kegiatan pembinaan aparatur pemadam kebakaran BPBD Kubar dari jenjang dasar atau kualifikasi tingkat I yang digelar di Hotel Sidodadi, Kecamatan Barong Tongkok, Selasa (16/11).

Bupati Kutai Barat FX Yapan melalui sambutannya yang dibacakan Sekdakab Kutai Barat, Ayonius menyampaikan harapannya dalam kegiatan pembinaan aparatur pemadam kebakaran ini, dapat mendukung kinerja dalam pelaksanaan tugas, baik dari pencegahan kebakaran dan pemadaman api dari kebakaran hutan dan lahan. 

Baca juga: Bupati Murung Raya Penuhi Undangan Bupati Kubar, Resmikan Sekretariat Resort GKE Barong Tongkok

Baca juga: Pemkab Kubar Sepakati Propemperda Tahun 2022, Ada 28 Item Perda jadi Prioritas

Baca juga: Operasi Zebra 2021 di Kubar, Digelar 14 Hari ke Depan, Perketat Disiplin Prokes

"Kasus Karhutla di Kutai Barat ini patut menjadi perhatian kita bersama agar tidak terulang dan perlu kita sigapi bersama upaya pe ncegahannya.

Karena hal ini bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah dalam hal ini BPBD saja tetapi juga seluruh lapisanmasyarakat.

Oleh karena itu, pelatihan yang diadakan ini diharapkan dapat menjadi langkah nyata agar Karhutla dapat kita tanggulangi ataupun meminimalisir dampaknya," ujarnya. 

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 60 peserta dari kalangan relawan atau kelompok masyarakat peduli api dibeberapa Kampung yang sudah terbentuk sejak tahun 2019 lalu.

Rencananya kegiatan ini pembinaan ini akan digelar sampai pada 1 Desember 2021 nanti.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kutai Barat, Yan Heryanto Herman mengatakan dalam kegiatan ini didatangkan pemateri dari Dinas Kehutanan dan BPBB provinsi Kalimantan Timur. 

Baca juga: Dua Nakes Teladan dari Kubar, Penghargaan Diserahkan pada Peringatan HKN ke-57

Selama kegiatan pembinaan tersebut, setiap peserta diajarkan tentang pembekalan materi dan lapangan yang nantinya, diharapkan dapat memiliki kompetensi dengan peraturan perunda-undangan yang berlaku dalam kegiatan pengendalian dan penanggulangan Karhutla. 

"Kalau materi seputar pada tehnik pemadaman api dan penggunaan peralatan pemadam. Namun esensi yang diharapkan itu mereka bisa menularkan ilmunya dan mengajak masyarakat di lingkungannya untuk ikut serta berperan aktif dalam upaya antisipasi maupun penanggulangan Karhutla," ujarnya.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved