Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

3.800 Warga Samarinda Terima Sertifikat Tanah dari Menteri ATR/BPN, Andi Harun: Bisa Tekan Mafia

Sebanyak 3.800 warga kita Samarinda mendapatkan sertifikat tanah yang diserahkan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional

Penulis: Hanifan Ma'ruf | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/HANIVAN MA'RUF
Walikota Samarinda, Andi Harun menghadiri penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat Kalimantan Timur, di Kantor wilayah ATR/BPN Kaltim, Samarinda, Kamis (25/11/2021). TRIBUNKALTIM.CO/HANIVAN MA'RUF 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Sebanyak 3.800 warga kita Samarinda mendapatkan sertifikat tanah yang diserahkan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil.

Sertifikat tanah itu diserahkan secara virtual di halaman kantor wilayah (Kanwil) ATR/BPN Kalimantan Timur, jalan M. Yamin, Kota Samarinda, pada Kamis siang (25/11/2021).

Selain warga Kota Samarinda sertifikat tanah juga diserahkan kepada 45.000 warga lainnya di Provinsi Kalimantan Timur, meliputi Kota Bontang, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Adapun penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi kepada perwakilan warga yang hadir dalam kesempatan tersebut.

Turut menyambut sebagai tuan rumah, Walikota Samarinda, Andi Harun yang mengungkapkan apresiasinya kepada Kementerian ATR/BPN melalui Kanwil Kalimantan Timur yang telah memberi sertifikat tanah kepada warga Samarinda yang dapat menjadi bukti sah kepemilikan hak tanahnya.

Baca juga: Target 6204 PTSL BPN Bulungan Tercapai, Desa Bebatu Jadi Desa yang Cepat Selesaikan Target

Baca juga: DPR RI Gaungkan PTSL untuk Hindari Calo Tanah di Balikpapan

Pada kesempatan itu Andi Harun juga mengatakan bahwa dengan dimilikinya sertifikat atas tanah bisa meminimalisir kemungkinan warga menjadi korban mafia tanah.

"Program ini merupakan pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat, sehingga kepada penerima sertifikat dapat menyimpannya dengan baik sebagai dokumen berharga," ucap Andi Harun pada kesempatan itu.

Serifikat tanah yang diterbitkan untuk warga kita Samarinda dari pengurusan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) terdiri dari 2.859 sertifikat bagi warga Kecamatan Samarinda Utara, dan 941 warga Kecamatan Sambutan.

Andi Harun juga berharap agar sertifikat yang diterima masyarakat ini dapat digunakan secara produktif untuk keperluan hidupnya.

"Program ini sekaligus menjadi penekan atas mafia tanah di Kota Samarinda, kami apresiasi sebesar-besarnya kepada bapak presiden melalui kementerian ATR/BPN," tutur Andi Harun lebih lanjut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved