Breaking News:

Berita Paser Terkini

Bupati Paser Ingatkan Kepala Desa untuk Mendata Warga yang Belum Terakomodasi BPJS Kesehatan Gratis

Bupati Paser dr Fahmi Fadli melantik pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) 2 desa yakni Desa Pulau Rantau dan Desa Saing Perupuk

TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Foto Bersama Bupati Paser dr Fahmi Fadli usai pelantikan BPD pada 3 desa yaitu Desa Pulau Rantau dan Desa Saing Perupuk, masa jabatan 2021-2027 serta BPD PAW Desa Olong Pinang masa jabatan 2021-2026, di halaman Kantor Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kamis (25/11/2021). TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Bupati Paser dr Fahmi Fadli melantik pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) 2 desa yakni Desa Pulau Rantau dan Desa Saing Perupuk Kecamatan Tanah Grogot, masa jabatan 2021-2027.

Saat itu dilantik juga BPD Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Olong Pinang Kecamatan Pasir Belengkong, masa jabatan 2021-2026, yang berlangsung di halaman Kantor Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kamis (25/11/2021).

Pelantikan dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Paser Chandra Irwandi, Camat Tanah Grogot HM Guntur, Camat Paser Belengkong Arbainsyah, Sekcam Batu Engau Erwin, Danramil dan Kapolsek Tanah Grogot, serta sejumlah kepala desa.

Bupati Paser mengingatkan kepada BPD yang baru dilantik mengenai tugas dan fungsinya, guna mewujudkan Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera).

"Tugas BPD di antaranya mengusulkan program untuk kepentingan desa, serta untuk melakukan pengawasan kinerja yang sudah disepakati bersama," jelas Fahmi.

Baca juga: 43.000 Warga Balikpapan Belum Terima BPJS Kesehatan Gratis, padahal Pemkab Sudah Alokasikan Rp 13 M

Baca juga: Warga Keluhkan BPJS Kesehatan Gratis, DPRD Balikpapan Terima Laporan Soal Ini

Baca juga: BPJS Kesehatan Gratis di Balikpapan Mulai Hari Ini, Pemkot Bentuk Tim Monitoring

Selain itu, Ia juga mengingatkan kepala desa untuk mendata warganya yang belum terdaftar peserta BPJS.

Karena dari laporan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Paser, masih banyak desa yang belum menyampaikan data warganya untuk mendapatkan BPJS Kesehatan Gratis dari Pemkab Paser.

"Kalau tidak salah baru 60 desa yang menyerahkan data warganya untuk mendapat kartu BPJS, artinya masih cukup banyak desa yang belum menyetor data warganya," kata Bupati.

Ia tidak menginginkan ada warga yang belum terakomodir sebagai penerima BPJS Kesehatan Gratis.

Untuk itu, Kepala Desa diminta pro aktif mendata warganya yang belum terdaftar dalam peserta BPJS Kesehatan Gratis, agar semua masyarakatnya bisa terakomodir.

Baca juga: Besok BPJS Kesehatan Gratis Berlaku di Balikpapan, Ribuan Peserta Pindah Kelas

"Makanya nanti, kami akan terus memantau dan mengevaluasi sejauh mana camat dan kepala desa mendaftarkan warganya untuk didaftarkan sebagai anggota BPJS," tegasnya.

Target capaian program BPJS Kesehatan Gratis, Pemkab Paser saat ini yaitu di atas 95% Universal Health Coverage (UHC) yang akan dicapai dari jumlah penduduk yang ada.

"Kalau bicara target mungkin agak susah, tapi harapannya pada Maret 2022 data-data masyarakat dari seluruh desa sudah masuk semua sebagai penerima BPJS Kesehatan Gratis dari pemerintah," harapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved