Virus Corona di Tarakan

Jemput Bola Lewat Vaksinasi Sambil Nongki, Binda Kaltara Upaya Percepat Herd Immunity di Kaltara

Kegiatan vaksinasi pertama kalinya digelar di waktu malam hari diinisiasi Badan Inteligen Negara (Binda) Kaltara, bersama Dinkes Tarakan

Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/ANDI FAUSIAH
Vaksinasi sambil nongky diinisiasi Binda Kaltara bekerja sama Dinkes Tarakan dan Puskesmas Kelurahan Gunung Lingkas, di kawasan Cafe Food Tastic, Sabtu (27/11/2021) malam.TRIBUNKALTIM.CO/ANDI FAUSIAH 

TRIBUNKALTIM.CO,TARAKAN- Kegiatan vaksinasi pertama kalinya digelar di waktu malam hari diinisiasi Badan Inteligen Negara (Binda) Kaltara, bersama Dinkes Tarakan dan Puskesmas Kelurahan Gunung Lingkas, Sabtu (27/11/2021) malam.

Kegiatan vaksinasi ini digelar di kawasan Cafe Food Tastic dan menyasar masyarakat,  yang belum melaksanakan vaksin baik dosis pertama maupun vaksinasi dosis kedua jenis Pfizer.

Dikatakan Kabinda Kaltara, Brigjend TNI H. Andi Sulaiman, kegiatan vaksinasi ini masih dalam rangka upaya percepatan vaksinasi yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo agar cepat terbentuk herd immunity.

"Ini upaya kita mengakselerasi dan memaksimalkan pelaksanaan vaksin di Tarakan. Sehingga di malam hari di mana ada warga berkumpul seperti kafe dan tempat makan, kami manfaatkan mendatangi bersama puskesmas mengajak mereka yang belum vaksin," ungkap Brigjend TNI H.Andi Sulaiman.

Baca juga: Pemuda Muhammadiyah Kaltim Salurkan 1.500 Dosis Vaksin Covid-19 di Mal Lembuswana Samarinda

Baca juga: Update Vaksinasi Bontang Minggu 38 November, Cakupan Vaksin Dosis Pertama Capai 77,4 Persen

Baca juga: Vaksin Tak Mempan Lawan Virus Corona Varian Omicron dari Afrika? Epidemiolog Beber Kabar Gembira

Ia mencontohkan, mereka yang kebetulan datang nongkrong di area mereka yang belanja di toko STB,  diberitahu ada vaksinasi bisa menyeberang ke lokasi vaksinasi dimana STB berada di seberang Cafe Food Tastic.

Sehingga lanjut Brigjend TNI Sulaiman, ini upaya mengakselerasi dan mengoptimalkan vaksinasi di Tarakan. Total ada 300 dosis yang disiapkan malam tadi.

"Namun jika yang datang lebih banyak mungkin bisa ditambah lagi. Jadi Binda bersama dokter puskesmas melayani sampai kegiatan selesai. Kita utamakan pelayanan yang bagus dan cepat. Jenis yang diadakan yakni vaksinasi jenis 1 dan 2," bebernya.

Ke depannya kata Brigjend TNI Sulaiman, pihaknya masih menyasar masyarakat yang memang tidak memiliki waktu banyak karena bekerja mulai dari pagi hingga sore hari.

"Sehingga dipilih malam hari dimanfaatkan. Mereka yang mungkin kebetulan belanja atau lagi nongkrong atau bahasa gaulnya nongky, kita manfaatkan waktu luangnya mereka. Sambil divaksinasi sambil nongky. Dan bukan malam ini saja. Seterusnya kami akan jadwalkan lagi," ujarnya.

Ia menilai, animo masyarakat sangat luar biasa mengikuti vaksinasi ini dan tentu sangat memudahkan.

"Karena sambil jalan eh ketemu layanan vaksinasi. Sehingga tidak banyak menghabiskan waktu. Ini salah satu terobosan atau inisiatif mempermudah masyarakat melakukan vaksinasi yang belum sempat melaksanakan vaksinasi," tukasnya.

Sementara itu, dr. Erna, Kepala Puskesmas Kelurahan Gunung Lingkas mengungkapkan total ada sekitar 18 petugas yang melayani kegiatan vaksinasi ini.

Baca juga: Kapolda Ajak Sinergi Jangkau Warga Pelosok, Target Akhir Tahun 70% Masyarakat Kaltim Sudah Divaksin

Kegiatan vaksinasi malam hari dilakukan semua untuk masyarakat. Di pagi hari pelayanan lewat gerai yang dibuka di puskesmas sudah dilakukan.

"Ada beberapa yang berhalangan datang. Sehingga kami coba lakukan di malam hari karena ada beberapa masukan masyarakat yang memang sibuk kerja tidak bisa meninggalkan kerjaannya," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved