Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

Semarak Upacara Adat Hudoq Kawit 2021 di Lamin Syaharie Jaang Samarinda

Ritual adat tahunan yang dilakukan oleh lembaga adat Dayak Bahau Busaang, yakni upacara Hudoq Kawit dilangsungkan di Kota Samarinda.

Penulis: Hanifan Ma'ruf | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/HANIFAN MA'RUF
Upacara Adat Hudoq Kawit 2021 di Lamin adat H. Syaharie Jaang, Sempaja Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur pada Minggu (28/11/2021). TRIBUNKALTIM.CO/HANIFAN MA'RUF 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Ritual adat tahunan yang dilakukan oleh lembaga adat Dayak Bahau Busaang, yakni upacara Hudoq Kawit dilangsungkan di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur pada Minggu (28/11/2021).

Rangkaian ritual dan upacara yang diikuti oleh beberapa elemen dan perkumpulan Dayak se Kalimantan Timur itu digelar di Lamin Adat H. Syaharie Jaang, jalan Batu Cermin, kelurahan Sempaja Utara, Samarinda Utara.

Upacara adat Hudoq Kawit sendiri adalah ritual dan acara adat suku Dayak yang dilaksanakan pascatanam padi di akhir tahun.

Rangkaian acara adat berlangsung mulai pukul 14.00 Wita,ditandai dengan tarian yang dilakukan oleh ratusan penari berpakaian hudoq.

Baca juga: Teliti Tarian Hudoq Tradisi Lomplai, Kasmidi Bulang Berhasil Raih Gelar Doktor Ilmu Sosial

Baca juga: Tarian Hudoq Kearifan Budaya Lokal dan Adat Istiadat Warga Kutai Barat yang Masih Terus Dilestarikan

Baca juga: Usung Tarian Hudoq Dalam Disertasinya, Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang Sandang Gelar Doktor

Dan diikuti peserta upacara lainnya yang mengenakan pakaian adat khas Dayak sambil diiringi musik tradisional Dayak yang dimainkan.

Para peserta upacara yang terdiri dari orang dewasa, remaja, hingga anak-anak membentuk lingkaran dan berkeliling sembari melakukan tarian adat Dayak tersebut di atas teras Lamin dan sebagian lainnya menari di bagian bawah Lamin.

Ratusan orang menyaksikan upacara adat yang berlangsung hingga sore hari itu yang juga dihadiri oleh sekretaris Daerah (Sekda) kota Samarinda, Sugeng Chaeruddin beserta beberapa jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Samarinda lainnya.

Para tamu pun tak ketinggalan ikut bergabung bersama penari untuk turut meramaikan acara tersebut.

Baca juga: Buka Festival Hudoq Cross Border 2019, Bupati Sebut Tariun Hudoq Wujud Semangat Gotong Royong

Diketahui pada pelaksanaan upacara Hudoq Kawit tahun sebelumnya, rangkaian acara dilaksanakan secara terbatas di halaman parkir balai Kota Samarinda, meskipun masih dalam situasi pandemi yang sama, tahun ini pelaksanaan upacara adat Hudo'Kawit tetap dilangsungkan dengan penerapan protokol kesehatan.

Ketua Pokja Hudoq Kawit 2021, Maria mengungkapkan peserta yang berpartisipasi dalam upacara kali ini berasal dari berbagai daerah di Kalimantan Timur, seperti suku Dayak dari kabupaten Kutai barat, Kutai Timur, Tenggarong, hingga Balikpapan dan beberapa wilayah di Kota Samarinda.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved