Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

Ketok Palu, APBD Samarinda Tahun 2022 Senilai Rp 2,6 T, Andi Harun Prioritaskan Penanganan Banjir

Walikota Samarinda, Andi Harun bersama anggota dan pimpinan DPRD kota Samarinda resmi mengesahkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RA

Penulis: Hanifan Ma'ruf | Editor: Rahmad Taufiq
HO/DISKOMINFO SAMARINDA
Walikota Samarinda, Andi Harun bersama DPRD Samarinda mengesahkan APBD tahun 2022, Selasa (30/11/2021). HO/DISKOMINFO SAMARINDA 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDAWalikota Samarinda, Andi Harun bersama anggota dan pimpinan DPRD kota Samarinda resmi mengesahkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Samarinda tahun 2022 pada rapat paripurna, Selasa (30/11/2021).

Dilaksanakan mulai pukul 15.00 WITA di ruang rapat paripurna Gedung DPRD Samarinda, jalan Basuki Rahmat, Samarinda Kota, Walikota Andi Harun dan anggota dewan menyepakati besaran APBD tahun 2022 senilai Rp 2.637.000.348.000.

Dengan ketokan palu sidang oleh Ketua DPRD Samarinda, Sugiyono, APBD tahun 2022 pun resmi ditetapkan dari Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Perda.

Sebelumnya masing-masing perwakilan dari setiap fraksi menyampaikan pandangan akhirnya mengenai penetapan APBD Kota Samarinda tahun 2022 tersebut.

Secara umum, seluruh fraksi menyetujui jumlah anggaran yang ditetapkan beserta postur anggaran di masing-masing bidang teknisnya.

Baca juga: Walikota Samarinda Andi Harun Usung Wisata Sungai Mahakam, Klaim Lebih Indah dari Thailand

Baca juga: Workshop Pengembangan KaTa Kreatif 2021 di Samarinda, Menteri Sandiaga Uno Tetapkan 11 Daerah

Walikota Andi Harun mengungkapkan dalam APBD tahun 2022 ini prioritas anggaran tetap pada penanggulangan banjir dan infrastruktur.

Selain itu beberapa proyek yang dibiayai dengan skema tahun jamak juga mulai dianggarkan pembangunan fisiknya pada tahun 2022 ini.

Ia menyebutkan jumlah anggaran yang ditetapkan kali ini masih murni dari Pemerintah Kota Samarinda, dan belum termasuk bantuan keuangan dari pemerintah provinsi Kalimantan Timur.

“Belanja infrastruktur salah satunya proyek multiyears kita penanggulangan banjir dan pembangunan terowongan di Gunung Manggah, kita juga berharap bantuan dari pemerintah provinsi, karena besok baru pengesahan (APBD provinsi) kemungkinan nanti bisa sampai lebih dari Rp 3 triliun ditambah dari Bankeu,” kata Andi Harun usai rapat paripurna.

Selain itu dalam anggaran tahun 2022, Pemkot Samarinda juga menargetkan pendapatan daerah sebesar Rp 2,4 triliun.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved