Berita Pemkab Mahakam Ulu

Difasilitasi Kemendagri dan Bappeda Kaltim, Pemkab Mahulu Gelar Sosialisasi SIPD

Pemerintah Kabupaten Mahakam ulu melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Mahulu menggelar

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Sekda Mahulu Stephanus Madang yang diwakili  Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan E Tek Hen Yohanes mengikuti sosialisasi SIPD secara daring yang dipusatkan di Ruang Rapat Bappelitbangda, Rabu (1/12/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemerintah Kabupaten Mahakam ulu melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Mahulu menggelar sosialisasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) secara daring yang dipusatkan di Ruang Rapat Bappelitbangda, Rabu (1/12/2021).

Sosialisasi SIPD yang dilaksanakan berdasarkan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 70 Tahun 2019 ini dibuka oleh Sekda Mahulu Dr. Stephanus Madang, S.Sos., M.M. yang diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) E. Tek Hen Yohanes, S.Pd.

Selain itu, juga diikuti oleh masing-masing operator SIPD dari masing OPD di lingkungan Pemkab Mahulu secara virtual.

Baca juga: Wabup Mahulu Buka Dialog Kerukunan Umat Beragama, Modernisasi Beragama Katolik 2021

Acara yang difasilitasi oleh Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri dan Bappeda Provinsi Kaltim, menurut Sekda Stephanus Madang melalui Asisten II E. Tek hen Yohanes mengatakan, sosialisasi ini penting karena SIPD merupakan alat bantu dalam proses penyusunan RKPD, KUA/PPAS, dan APBD agar dapat berjalan dengan mudah, cepat, tepat dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Guna memaksimalkan pemahaman tersebut, saya berpesan agar seluruh peserta sosialisasi agar benar–benar memanfaatkan kesempatan yang baik ini untuk sharing knowledge sehingga tercipta pemahaman yang sama terhadap SIPD, baik menyangkut tahapan yang harus dilakukan maupun proses penginputan data, sehingga output dari kegiatan ini tercapai," ujarnya.

Ia berharap, sosialisasi SIPD ini juga akan muncul berbagai masukan-masukan penting dari seluruh pihak terkait implementasi SIPD sesuai Permendagri 70 Tahun 2019.

"Sehingga pelaksanaannya dapat berjalan efektif di masa mendatang, karena masukan dari seluruh peserta akan menjadi referensi berharga dalam implementasi regulasi serta penyempurnaan substansi di masa yang akan datang bagi Pemerintah Kabupaten Mahulu," harapnya.

Baca juga: Wabup Mahulu Ajak Anggota Korpri Lebih Disiplin

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Pembangunan, Penelitian dan Kerjasama Pembangunan Bappelitbangda Rudi Warjono menjelaskan, sejak awal 2021 Pemkab Mahulu sudah menggunakan aplikasi SIPD.

"Jadi melalui forum yang digelar ini, kita mencoba untuk mencari solusi-solusi apa-apa yang menjadi kendala selama ini bagi masing-masing OPD di lingkungan Pemkab Mahulu," terangnya.

Ia menambahkan, pentingnya diselenggarakan sosialisasi SIPD guna masing-masing OPD di lingkungan Pemkab Mahulu memperoleh informasi tambahan penting terkait dengan sistem pembangunan.

"Informasi sistem pembangunan mulai dari tahap perencanaan sampai dengan penganggaran," ungkapnya.

Turut hadiri sebagai narasumber Kepala Bappeda Provinsi Kaltim Prof. Dr. Ir. H. M. Aswin, M.M. dan dari Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Jhon Muhammad Satria Nusantara serta sejumlah kepala dinas, badan, dan kantor di lingkungan Pemkab Mahulu. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved