Breaking News:

Berita Pemkab Mahakam Ulu

Pengurus Hinanbasmu Mahulu Periode 2020-2025 Dikukuhkan, Yohanes Avun Jabat Ketua

Wakil Bupati Mahulu Drs. Yohanes Avun, S.Mi. menghadiri pengukuhan pengurus Hinaq Degaan Bahau Saq Mahakam Ulu (Hinanbasmu) periode 2020-2025 di Balai

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Wabup Mahulu Yohanes Avun menandatangani pengukuhan Hinanbasmudi Balai Pertemuan Umum Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Sabtu (4/12/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Wakil Bupati Mahulu Drs. Yohanes Avun, S.Mi. menghadiri pengukuhan pengurus Hinaq Degaan Bahau Saq Mahakam Ulu (Hinanbasmu) periode 2020-2025 di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Sabtu (4/12/2021).

Pengukuhan ini berlangsung dengan ritual adat yang dipimpin oleh Pemuka Adat Bahau SAQ Mahulu Hindrikus Hibau Bong yang dihadiri oleh Ketua Umum Hinanbasmu Yohanes Avun dan sejumlah anggota yang resmi dikukuhkan dengan protokol kesehatan.

Bupati Mahulu melalui sambutan yang dibacakan oleh Wabup, menyambut baik pengukuhan Hinanbasmu.

"Saya sangat berharap kepada seluruh pengurus Hinanbasmu yang baru dikukuhkan agar bersama-sama, bersinergi membangun suasana yang harmonis dengan tetap menjunjung tinggi semangat kebersamaan, kesatuan dan persatuan di bumi Kaltim, khususnya di Kabupaten Mahulu," ungkapnya.

Baca juga: Difasilitasi Kemendagri dan Bappeda Kaltim, Pemkab Mahulu Gelar Sosialisasi SIPD

Ia berharap melalui organisasi ini akan muncul suatu rumusan-rumusan yang produktif sebagai arahan dan masukan dalam mengambil kebijakan bagi Pemkab Mahulu.

Menurutnya, organisasi kemasyarakatan merupakan sumber daya yang tak ternilai.

"Untuk itu, saya mengajak untuk seluruh paguyuban di Kabupaten Mahulu untuk bersama-sama bergandeng tangan tanpa melihat suku dan etnis. Kita harus menyadari, untuk membangun Mahulu tidak cukup hanya peran dari pemerintah saja, harus adanya campur tangan dari semua lapisan masyarakat, walaupun berbeda suku," katanya.

Wabup juga berharap setelah pengukuhan ini, seluruh pengurus dapat memberikan kontribusi nyata.

Khususnya dalam membantu pemerintah, komunikasi antara pemerintah dan pengurus ormas harus terus dipelihara.

"Karena ormas adalah perantara bagi masyarakat yang akan menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah,"tandasnya.

Baca juga: Wabup Mahulu Buka Dialog Kerukunan Umat Beragama, Modernisasi Beragama Katolik 2021

Dalam laporannya, Ketua Panitia Lawing Nilas, S.Pd. menyampaikan bahwa pengukuhan ini sudah lama direncanakan, namun karena pandemi maka tertunda dan baru bisa terlaksanakan.

"Kita bersyukur walaupun beberapa kali tertunda, hari ini 4 Desember 2021, kita bisa melaksanakan pengukuhan ini. Yang menjadi Ketua dari Perhimpunan Hinanbasmu adalah Drs. Yohanes Avun, M.Si yang juga wakil bupati Mahulu," katanya.

Ia menambahkan dengan adanya perhimpunan ini, maka ormas di Mahulu semakin beragam.

"Tentunya dengan harapan ormas ini bisa bersama-sama ormas lain dengan pemerintah saling bersinergi, dalam mengejar pembangun di Kabupaten Mahulu," ujarnya.

Pada kesempatan ini hadir pula Kepala Bapenda Paulus Liah, Pastor Proki Ujoh Bilang Ignasius Ding Jenau, Kapolsek Long Bagun AKP Purwanto, Danramil 03/Long Bagun Lettu Inf I Wayan Sudiarsa, Ketua IKAT Mahulu Agustinus, SE, serta para anggota pengurus Hinanbasmu. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved