Breaking News:

Berita Pemkab Mahakam Ulu

Bupati Mahulu Ajak Dekranasda Promosi Produk UMKM, Segera Bertransformasi ke Digital

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh meminta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), organisasi mitra pemerintah dalam melestarikan nilai-nilai

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh saat memberikan sambutan pada acara pelantikan pengurus Dekranasda di Balai Adat Ujoh Bilang, Senin (6/12/2021) . 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh meminta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), organisasi mitra pemerintah dalam melestarikan nilai-nilai seni budaya bangsa yang tercermin dalam produk kerajinan, supaya lebih maju dan berkembang serta meningkatkan kesejahteraan para perajin.

Ini untuk memberi dampak positif terhadap tumbuh dan kembangnya ekonomi produktif di kalangan masyarakat Mahulu era sekarang, khususnya pada masa pandemi.

Hal ini disampaikan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh pada pelantikan pengurus Dekranasda Kabupaten Mahulu di Balai Adat Ujoh Bilang, Senin (6/12/2021) lalu.

Baca juga: Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah Dilantik, Dekranasda Perlu Ciptakan Batik Motif Mahulu

Menurut bupati, pentingnya kontribusi dan partisipasi aktif bersama dalam promosi atau pemasaran produk-produk hasil kerajinan demi mendorong semangat perajin dalam berwirausaha, sehingga kemampuan perajin juga dapat berkembang dan menimbulkan efek yang positif guna meningkatkan ekonomi masyarakat dan terpeliharanya nilai budaya.

"Hal ini sesuai dengan misi kedua Pemkab Mahulu, yaitu meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan memanfaatkan potensi SDA, memberdayakan usaha ekonomi kecil menengah yang berbasis kerakyatan, dan perluasan lapangan kerja termasuk pengembangan ekonomi kreatif berbasis pariwisata dan kearifan lokal," ujarnya.

Bupati juga berharap Dekranasda sebagai mitra pemerintah dapat mengambil peran lebih dengan menjalin hubungan koordinasi bersinergi dengan Dekranasda provinsi, SKPD/OPD terkait, dan pihak swasta dalam rangka pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kerajinan.

Hal ini, menurut bupati Mahulu, perlu dilakukan agar nantinya perajin yang bernaung di bawah Dekranasda Mahulu mampu bersaing menuju tatanan global dengan mengikutsertakan para perajin ke event-event besar baik tingkat daerah, nasional maupun internasional.

Baca juga: Norbaiti Isran Noor Melantik Pengurus PPTI Mahulu, Yovita: Tiga Agenda Berantas Tuberkulosis

Lanjut Bupati, saat ini Pemkab Mahulu terus berupaya mendorong para pelaku UMKM di Mahulu untuk on board dengan memanfaatkan platform digital yang salah satunya seperti program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

"Diharapkan era digital saat ini, UMKM yang ada di Mahulu harus bisa go digital yakni bertransformasi dari UMKM offline menuju online dengan memanfaatkan ruang digital dan marketplace. Di mana digital atau e-commerce pada masa pandemi ini menjadi tulang punggung ekonomi,” pungkasnya. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved