Breaking News:

Berita Kaltara Terkini

KPP Pratama Tanjung Redeb Andalkan Grup WA untuk Koordinasi Penyerapan Anggaran di OPD

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjung Redeb Mu’alif melaksanakan roadshow monitoring dan evaluasi di Kaltara, pada Rabu (15/12/2021).

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTARA.COM/RAHINO
Kepala Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Tanjung Selor Agus Setiawan saat melakukan sosialisasi penyerapan anggaran di hadapan OPD di lingkup Pemkab Bulungan. TRIBUNKALTARA.COM/RAHINO 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjung Redeb Mu’alif melaksanakan roadshow monitoring dan evaluasi di Kaltara, pada Rabu (15/12/2021).

Salah satu tujuan roadshow dari pihak KPP Pratama Tanjung Redeb adalah berkunjung ke BKAD Bulungan dan Bapenda Kaltara.

Kunjungan itu dalam rangka monitoring dan evaluasi penyerapan anggaran Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Dana Desa, serta mengamankan setoran pajak tahun 2021.

Mu'alif mengungkapkan, pihaknya bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Bulungan dan Kaltara, kini telah memilki grup WhatsApp bersama.

Di dalam grup WhatsApp tersebut, pendampingan dari pihak KPP Pratama Tanjung Redeb dan KP2KP Tanjung Selor terhadap OPD di Pemkab Bulungan dan Pemprov Kaltara dilakukan.

Baca juga: Kepala KPP Pratama Tanjung Redeb Sebut Kepatuhan Wajib Pajak KTT Capai 95 Persen

Baca juga: Kepala KPP Pratama Tanjung Redeb Keluhkan Jaringan Internet di Tana Tidung

"Kami upayakan untuk Pemkab Bulungan dan Pemprov Kaltara bersinergi dengan kita, dan kita harapkan OPD-OPD segera melakukan percepatan penyerapan anggaran," kata Mu'alif.

"Dan kami meminta pada BKAD agar semua OPD masuk dalam grup WhatsApp termasuk teman-teman dari Kantor Pajak supaya kita bisa monitor tiap harinya dan agar kita bisa membantu OPD-OPD begitu," tuturnya.

Menurut Kepala Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Tanjung Selor Agus Setiawan, kehadiran grup WhatsApp cukup efektif dalam meningkatkan penyerapan anggaran.

Agus menyampaikan, dalam waktu dua pekan KP2KP Tanjung Selor melakukan pendampingan terhadap OPD di lingkup Pemkab Bulungan, efektif meningkatkan penyerapan anggaran, bahkan hingga 30 persen.

"Kita dalam dua minggu itu melakukan pendampingan dan pengawasan intensif, juga koordinasi dan konsultasi karena teman-teman OPD ini banyak mengajukan pertanyaan," kata Agus Setiawan.

"Jadi kita ada grup WhatsApp ini dan ini sangat efektif karena kenaikannya ini sampai 30 persen lebih," ujarnya.

Baca juga: Kepala KPP Pratama Tanjung Redeb Kabupaten Berau Sambangi Bupati KTT, Ini yang Dibahas

"Dari hasil sosialisasi yang kemarin di Pemkab, peningkatannya cukup tajam dari sekitar 60 persen menjadi 90 persen, kita harapkan di akhir tahun bisa mendekati 100 persen," tambahnya.

Menurutnya penyerapan anggaran yang tinggi, lalu diikuti dengan naiknya setoran pajak, juga akan berdampak positif pada daerah lewat Dana Bagi Hasil (DBH) dari pemerintah pusat.

Karenanya Agus Setiawan berharap, dengan waktu yang tersisa saat ini, pihak OPD di lingkup Pemkab Bulungan dapat segera merealisasikan percepatan penyerapan anggaran tahun 2021.

"Kita harapkan segera ditingkatkan karena ujungnya penerimaan pajak, kalau pajak tinggi kami harap dari DBH juga tinggi," tuturnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved