CPNS 2022

Penerimaan CPNS 2022 Ditiadakan, Rekrutmen Hanya untuk PPPK, Ini Penjelasan BKN

Kabar CPNS di tahun 2022 ditiadakan dan hanya akan ada seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) saja. Ini penjelasan BKN.

Kemenko Marves
ILUSTRASI - Peserta ujian SKD CPNS 2021 Kemenko Marves. Penerimaan CPNS 2022 Ditiadakan, Rekrutmen Hanya untuk PPPK, Ini Penjelasan BKN 

TRIBUNKALTIM.CO - Penerimaan CPNS 2022 dikabarkan ditiadakan.

Disebut, pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2022 ini tak lagi dibuka.

Rekrutmen dibuka hanya untuk PPPK, benarkah demikian?

Baca juga: INFO CPNS Kaltim: Ramai Isu Penempatan PNS Diacak, BKN Pastikan Sesuai Pilihan Peserta Seleksi CPNS

Hal ini berkaitan dengan kabar bahwa di tahun 2022 pemerintah tidak akan buka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Kabar lain juga menjelaskan bahwa di tahun 2022 hanya akan ada seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) saja.

Diketahui isu ini berawal dari akun TikTok Milli Umri yang melampirkan tangkapan layar akun Instagram Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haria Wibisana @wibisanabima.

Dalam postingan tersebut, Bima menyebut pada tahun 2022 pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dibuka khusus untuk PPPK.

Seperti dilansir dari Grid.id, dalam tulisan itu juga disampaikan jikapun dibuka ke depannya kuota Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan sangat sedikit.

Baca juga: Terbaru! Pendaftaran CPNS 2022 Kapan Dibuka dan Benarkah Cuma Ada Tes PPPK? Simak Kepastian dari BKN

“2022 hanya PPPK saja. Ke depan penerimaan PNS akan sangat-sangat sedikit. Yang banyak PPPK. PNS hanya untuk posisi pengambilan kebijakan. Di masa depan total ASN itu idealnya 20 persen PNS dan 80 persen PPPK. Kesejahteraan sama,” tulis akun tersebut.

Peniadaan Rekrutmen CPNS di 2022 juga diperkuat dengan unggahan akun resmi Kejaksaan RI beberapa waktu lalu @biropegkejaksaan yang mengungkap bahwa tahun 2022 Kejaksaan tidak akan melakukan perekrutan CPNS.

“Mengingat tidak adanya seleksi untuk CPNS di tahun depan, maka buat yang gagal tahun ini (2021) jangan menyerah, coba lagi untuk seleksi PPPK Kejaksaan RI di tahu depan (2022),” tulis akun tersebut.

Lantas benarkah informasi peniadaan rekrutmen CPNS di tahun 2022?

Tanggapan Badan Kepegawaian Negara (BKN)

Pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) akhirnya buka suara terkait informasi yang sudah menyebar di masyarakat.

Baca juga: Ramai di Medsos, Inilah Penjelasan BKN soal Kabar Penempatan Peserta Lolos CPNS Diacak

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved