Breaking News:

Virus Corona di Balikpapan

Dinkes Balikpapan Targetkan 5 Ribu Warga Disuntik Vaksin Booster Tiap Hari

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty menargetkan 5 ribu dosis suntikan vaksin booster setiap harinya.

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Masyarakat Kota Balikpapan mulai mendapatkan vaksin dosis lanjutan atau booster di gedung BSCC Dome Balikpapan TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty menargetkan 5 ribu dosis suntikan vaksin booster setiap harinya.

Ia mengatakan, jumlah sasaran masyarakat Kota Balikpapan yang bisa melaksanakan vaksinasi booster ada 520 ribu orang. Mereka yang sudah mendapat vaksin dosis satu dan dosis dua.

"Pemberian vaksinasi booster ini, intinya untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan jenis varian covid-19 apapun, yang mana dalam interval enam bulan setelah dosis kedua, antibodi kita akan menurun,” katanya, Jumat (14/1/2022).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota Balikpapan telah memulai pelaksanaan vaksinasi lanjutan atau booster sejak dua hari lalu.

Vaksinasi ini masih diprioritaskan bagi lansia dan kelompok rentan yang sudah menerima dosis kedua dengan interval atau jarak waktu enam bulan sebelumnya.

Baca juga: Ini Lokasi Suntik Booster Vaksin Covid-19 di Balikpapan

Baca juga: Vaksin Booster Perdana di Balikpapan, Dinas Kesehatan Suntikan 1.500 Dosis Moderna

Untuk saat ini, pelaksanaan vaksinasi booster sementara waktu masih dipusatkan di sentra vaksinasi, yakni BSCC Dome dan Gedung Kesenian, serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

"Sementara untuk di Puskesmas masih difokuskan untuk pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 6 hingga 11 tahun,” ujar Andi Sri Juliarty.

Ia menjelaskan, vaksinasi booster ini terbagi ke dalam dua jenis. Ada yang merupakan program pemerintah (gratis) dan ada program gotong-royong yang tetap berbayar.

Hal tersebut sama dengan polanya pada pemberian dosis pertama dan kedua yang dilakukan pihak perusahaan. 

Baca juga: Jadwal Lengkap dan Lokasi Vaksinasi Booster di Bontang, Khusus Penerima Vaksin Jenis Sinovac

"Pelaksanaannya juga bisa dilaksanakan di rumah sakit swasta yang melayani vaksin booster untuk yang program gotong royong,” ucapnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tRibunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved