Berita Kubar Terkini

Pemkab Kubar Akan Jadikan Kampung Tanjung Isuy Jadi Wisata Modern 

Kampung Tanjung Isuy dikenal sebagai  salah satu Kampung yang memiliki kekayaan budaya dan adat yang masih kental dan sangat terjaga kelestariannya

Penulis: Zainul | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/HO
Tarian selamat datang di Kampung Tanjung Isuy menjadi salah satu wisata budaya warisan leluhur yang hingga kini masih terjaga kelestariannya. TRIBUNKALTIM.CO/HO/Kominfo Kubar 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Pemerintah Kabupaten Kutai Barat berupaya membangkitkan kembali sejumlah destinasi wisata budaya dan wisata alam yang sempat populer di Kampung Tanjung Isuy, Kecamatan Jempang.  

Kampung Tanjung Isuy dikenal sebagai  salah satu Kampung yang memiliki kekayaan budaya dan adat yang masih kental dan sangat terjaga kelestariannya.

Terlebih lagi wisata adat dan budaya tersebut merupakan salah satu warusan para leluhur.

Salah satu andalan wisata selain adat di Kampung Tanjung Isuy saat ini adalah danau Jempang yang menyuguhkan keindahan dengan luas 15 hektar.

Danau tersebut diklaim sangat cocok untuk kegiatan pariwisata dan sektor perikanan.

Baca juga: Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19 di Kubar, Kodim 0912/KBR dan KNPI Gelar Vaksinasi Anak

Baca juga: Kasus Corona Melonjak di Kaltim, Tim Gabungan di Kubar Gencarkan Operasi Yustisi Penegakan Prokes

Baca juga: Residivis Kambuhan di Kubar Nekat Lakukan Aksi Pencurian Sambil Telanjang Bulat 

Kasi Pemerintahan Kutai Barat, Setiawan mengatakan Kampung Tanjung Isuy sangat berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat setempat melalui sektor pariwisata. 

"Kami berupaya untuk mengembalikan kampung Tanjug Isuy sebagai kampung tujuan wisata favorit di Kutai Barat maupun Kalimantan Timur, termasuk juga menginginkan menjadikan kampung berkembang dan modern sebagai penyangga Ibu Kota Negara," ungkapnya, Senin (7/2).

Keramahan penduduk suku Dayak setempat menyambut para tamu yang datang melalui tarian selamat datang juga menjadi salah satu hal yang menarik minat para wisatawan.

"Karena Tanjung Isuy berada di ibukota kecamatan Jempang dan sebagai penyangga, menuju beberapa Kampung disekitarnya termasuk beberapa fasilitas umum juga telah tersedia," lanjutnya. 

Dia menjelaskan, kedepannya Pemkab Kubar berencana juga akan memberdayakan sektor pertanian dan wisata danau, seperti pembukaan lahan sawah dan pembangunan sarana wisata danau di sekitar danau Jempang.

Selain itu, para wisatawan yang datang di Kampung Tanjung Usuy juga dapat melihat secara langsung budaya dan cara membuat tenun Ulap Doyo, tari-tarian dan rumah panjang lamin adat.

Baca juga: Kapolres Kubar Beri Bantuan Sembako ke Lansia yang Divaksin Covid-19

"Kami akan terus berusaha menjadikan kampung Tanjung Isuy sebagai kampung tujuan wisata dan akan menjadikan kampung berkembang maju dan modern, dengan dukungan dan kerjasama oleh seluruh warga kampung Tanjung Isuy sehingga bisa kembali memajukan perekonomian yang selama ini menurun karena pandemi covid 19," ujarnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved