Salah Satunya dari Rusia, Inilah 4 Penemu yang Menyesal Temuannya Membuat Banyak Jatuh Korban Jiwa

ada 4 orang penemu yang justu menyesali penemuannya, salah satnya berasal dari Rusia

Editor: Doan Pardede
Ilustrasi korban bom atom Nagasaki. ada 4 orang penemu yang justu menyesali penemuannya, salah satnya berasal dari Rusia 

TRIBUNKALTIM.CO - Tenyata ada 4 orang penemu yang justu menyesali penemuannya, salah satnya berasal dari Rusia,

Empat tokoh berhasil mewarnai sejarah peradaban manusia melalui temuan di bidang fisika, teknik sipil, biologi, dan pertahanan.

Namun, belakangan empat tokoh ini mengaku menyesal karena temuan mereka juga menyebabkan kerusakan dan tewasnya ratusan ribu orang.

Berikut perjalanan J Robert Oppenheimer yang dikenal sebagai bapak bom atom, Mikhail Kalashnikov sang penemu senapan serbu AK-47, Alfred Nobel yang menemukan dinamit, dan Arthur Galston yang hasil penelitiannya dipakai untuk membuat senjata perang Agen Oranye.

Baca juga: Fakta-Fakta Unik Thailand, Tak Pernah Dijajah Eropa hingga Punya Bahasa Paling Rumit di Dunia

Siapa saja mereka? simak ulasannya seperti dilansir Kompas.com.

1. J Robert Oppenheimer, bapak bom atom

Oppenheimer (1904-1967) adalah ahli fisika teori berkebangsaan Amerika Serikat (AS).

Saat Amerika menjalankan Proyek Manhattan -- penelitian di era Perang Dunia II untuk membuat senjata nuklir -- Oppenheimner menjabat sebagai direktur Laboratorium Los Alamos dan bertanggung jawab melakukan riset dan desain bom atom.

Dari sini ia mendapat julukan 'bapak bom atom'. Keputusan AS mengembangkan bom atom antara lain didorong oleh surat yang dikirim fisikawan kenamaan Albert Einstein kepada Presiden AS Franklin Roosevelt, yang memperingatkan kemungkinan munculnya bencana kemanusiaan jika Nazi berhasil mengembangkan dan membuat bom atom.

Ketika Proyek Manhattan diluncurkan pada kuartal ketiga 1942, penelitian Oppenheimer tentang bom atom sudah sangat dalam.

Pada tahun-tahun sebelumnya, ia sudah melakukan riset tentang neutron cepat dan melakukan kalkulasi berapa banyak meterial yang dibutuhkan untuk membuat bom dan seberapa besar efisiensinya.

Jenderal Leslie Groves, direktur Proyek Manhattan, mengakui kepiawaian Oppenheimer.

Ahli sejarah Alex Wellerstein mengungkapkan Oppenheimer terlihat dalam setiap tahapan penting pengembangan bom atom.

"Ia sendiri yang memutuskan bagaimana sebaiknya bom atom digunakan. Ia meminta agar bom atom tidak dijatuhkan di kota-kota besar. Ia juga masuk dalam komite yang memutuskan di mana saja bom-bom atom akan dijatuhkan," kata Wellerstein.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved