Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Bupati Kukar Ingin Kadin Jadi Pilar Pemulihan Ekonomi

Bupati Kukar Edi Damansyah menghadiri dan menyaksikan Pelantikan Dewan Pengurus (DP) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kukar periode 2021-2026 di

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Pelantikan Dewan Pengurus Kadin Kukar periode 2021-2026 di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, Sabtu (19/3/2022), yang dihadiri Bupati Kukar Edi Damansyah. 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Kukar Edi Damansyah menghadiri dan menyaksikan Pelantikan Dewan Pengurus (DP) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kukar periode 2021-2026 di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, Sabtu (19/3/2022).

Pelantikan Dewan Pengurus Kadin Kukar yang diketuai Aulia Rahman Basri itu dilakukan oleh Ketua Kadin Kaltim Dayang Donna Faroek.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, kondisi perekonomian Indonesia termasuk di Kukar sedang dalam kondisi yang tidak baik-baik saja akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Tercepat Se-Kaltim dalam Penyampaian LKPD 2021, BPK Apresiasi Pemkab Kukar

Oleh karena itu, upaya-upaya strategis untuk memulihkan kondisi perekonomian di Kukar harus dilakukan segera dengan cara-cara yang sistematis dan terukur.

Maka, menurut Edi, saling bekerja sama atau berkolaborasi merupakan jawaban yang paling tepat.

Dikatakannya, Kadin yang di dalamnya berhimpun para pengusaha, tentu tidak bisa lepas dari tanggung jawab bersama untuk dapat memulihkan kondisi perekonomian akibat pandemi ini.

Bupati mengatakan, dalam konteks penerapan Good Corporate Governance (pemerintahan yang baik), ada prinsip-prinsip utama yang harus diimplementasikan untuk dapat menerapkannya yaitu transparansi, independensi, responsibilitas, akuntabilitas serta kewajaran dan kesetaraan.

"Pengusaha di Kadin Kukar harus memiliki independensi yang tinggi, profesional dan mandiri dalam setiap menjalankan usahanya, tidak boleh menjadi beban pemda, apalagi memanfaatkan kedekatan hubungan pengurusnya dengan pejabat pemerintah," tegasnya.

Baca juga: Atasi Langkanya Minyak Goreng, Pemkab Kukar Distribusikan 16 Ribu Liter di Tenggarong

Kemudian, Edi mengatakan kompetisi yang ketat akan dihadapi oleh para pengusaha lokal di ibu kota negara (IKN) nanti.

Oleh karena itu, Bupati berpesan, Kadin Kukar harus sungguh-sungguh menjadikan organisasinya ini sebagai wadah yang mampu mempersiapkan seluruh anggotanya untuk menjelma menjadi pengusaha-pengusaha yang mandiri, profesional, produktif dan inovatif.

Sehingga mampu berkiprah dalam mewujudkan iklim usaha yang sehat dan dinamis, guna mendorong kesempatan berusaha yang seluas-luasnya bagi dunia usaha, terutama bagi para pengusaha lokal. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved