Berita Balikpapan Terkini

Selama Ramadhan Pemakaian Air Meningkat, Rachmad Imbau Pelanggan di Daerah Tinggi Tampung Air

Selama bulan Ramadhan diperkirakan pemakaian air bersih warga Balikpapan meningkat dibanding hari-hari biasa.

Penulis: Siti Zubaidah | Editor: Sumarsono
HO
Plt Dirut Perumda Tirta Manuntung Rachmad Julianto (tengah helm merah) bersama Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah saat kunjungan ke Waduk Manggar, Balikpapan Utara. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Selama bulan Ramadhan diperkirakan pemakaian air bersih warga Balikpapan meningkat dibanding hari-hari biasa.

Pada bulan Ramdhan pola pemakaian air bersih pun mengalami pergeseran waktu, dimana pemakaian puncak terjadi saat jelang buka puasa dan sahur.

Perubahan pemakaian puncak ini disebabkan sebagian besar masyarakat, khususnya umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa sehingga aktifitas mengolah bahan makanan bergeser dari pagi hingga siang menjadi sore dan dini hari hingga subuh.

Demikian diungkapkan Plt. Direktur Utama Perumda Tirta Manuntung Balikpapan Rachmad Julianto dalam relese yang disampaikan Humas Perumda Tirta Manuntung kepada Tribun, Minggu (3/4/2022).

DIjelaskan, perubahan pola pemakaian air yang diikuti peningkatan jumlah air yang dikonsumsi pelanggan, karena waktu bersamaan pelanggan menggunakan air.

Baca juga: Hari Ini Distribusi Air PDAM Balikpapan akan Terganggu, Ada Perbaikan Jaringan Pipa Transmisi

Akibatnya beban pelayanan mengalami peningkatan dan berdampak kepada kontinuitas aliran air.

Biasanya di luar bulan Ramadhan, pemakaian puncak terjadi pada pagi pukul 05.00 -09.00 Wita dan sore sekitar pukul 16.00 - 20.00 Wita.

Selama Ramadhan, pemakaian pucak air bersih biasanya terjadi lebih awal, yaitu saat dini hari menjelang waktu sahur pukul 02.00 - 06.00 dan sore pukul 15.00 - 20.00 Wita.

Plt Dirut Perumda Tirta Manuntung Rachmad Julianto mendampingi Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah saat kunjungan ke Waduk Manggar, Balikpapan.
Plt Dirut Perumda Tirta Manuntung Rachmad Julianto mendampingi Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah saat kunjungan ke Waduk Manggar, Balikpapan. (HO)

Rachmad mengatakan, saat ini pelanggan masih menyoroti pelayanan air bersih, khususnya pendistribusian air di daerah-daerah tinggi atau perbukitan yang tidak maksimal dalam beberapa hari ini.

“Tidak maksimalnya pelayanan air bersih pada pelanggan tersebut telah dilakukan upaya pengendalian agar pelanggan dapat menikmati layanan air bersih,” ujarnya.

Wilayah pelayanan yang tidak maksimal pendistribusian airnya, seperti daerah-daerah tinggi, antara lain Gn. Satu, Gn. Empat, Sidodadi, Gn. Bugis, Asrama Bukit, Gn. Polisi (Kecamatan Balikpapan Barat).

Baca juga: Program Sambungan Air Bersih PDAM Balikpapan 2021, Rencana Masuk ke Perumahan Jokowi Dibantah

Di Kecamatan Balikpapan Utara seperti Jl. Inpres, Perumnas, Gn. Steling dan beberapa daerah yang mengalirnya hanya pada malam hari.

Menurut Rachmad, saat ini Perumda Tirta Manuntung Balikpapan tengah berupaya memaksimalkan kapasitas produksi untuk antisipasi pelayanan selama Ramadhan.

Memang tidak dipungkiri dampak perubahan pola pemakaian air di bulan Ramadhan akan berpengaruh pada kontinyuitas pendistribusian air ke pelanggan, terutama aliran di daerah pelanggan yang selama mengalirnya malam hari.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved