Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Atasi Kekurangan Guru Mengaji, Pemkab Kukar Galakkan Program Gema dan Hafiz Quran

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah berharap program-program keagamaan mendapat dukungan dari semua pihak, karena pemkab tidak bisa berjalan

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Bupati Edi Damansyah menyerahkan bantuan pembangunan rumah ibadah senilai Rp 350 juta kepada takmir Masjid Al Ikhlas, Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong. 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah berharap program-program keagamaan mendapat dukungan dari semua pihak, karena pemkab tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan masyarakat, termasuk Gerakan Etam Mengaji (Gema).

"Kami sadar, bahwa kami tidak bisa berhasil tanpa dukungan dan kebersamaan baik itu organisasi keagamaan, dan masyarakat khususnya Takmir Masjid, Langgar maupun Mushola. Itu yang selalu saya sampaikan di setiap silaturahmi," ujar Edi saat safari subuh di Masjid Al Ikhlas, Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong, akhir pekan tadi.

Disadarinya, dorongan fasilitasi pemkab terhadap program keagamaan dalam perjalanannya tidak selalu berjalan lancar.

"Salah satunya program Gema, saya sudah banyak mendapatkan masukan dan menjadi evaluasi," ujarnya.

Baca juga: Tinjau Desa Penghasil Gabah Terbesar di Sulsel, Bupati dan Jajaran Studi Aplikatif di Bone

Lebih lanjut ia mengatakan, ada beberapa pandangan terutama terkait program Hafiz Al-Quran.

Ada pihak yang menyatakan bahwa bisa dikatakan hafiz kalau hafal 30 juz, sedangkan program saat ini hanya satu tahun.

"Ada yang menyampaikan kalau satu tahun tidak bisa hafal 30 juz, harus 4 tahun, jadi seperti itu, padahal hafiz itu tidak mesti 30 juz, ada yang 10 juz atau 20 juz," katanya.

Edi berharap dari program satu tahun itu tidak mesti 30 juz, targetnya 5 sampai 10 juz, dan saat ini sedang berjalan.

Diungkapkannya, latar belakang program Satu Desa Satu Hafiz merupakan hasil dirinya berkeliling di 193 desa di zona ulu, karena di titik-titik tertentu kekurangan guru mengaji.

Baca juga: Pengurus MUI Kukar 2021-2026 Dikukuhkan, Bupati Kukar Minta Tingkatkan Dakwah dan Ekonomi Ummat

Pada kesempatan tersebut, Bupati Edi menyerahkan bantuan pembangunan rumah ibadah kepada takmir masjid Al Ikhlas sebesar Rp 350 juta.

Turut mendampingi Bupati pada safari subuh kali ini Sekretaris Daerah (Sekda) H. Sunggono, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kukar H. Abdul Hanan, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kukar HM. Bisyron, dan para pejabat di lingkup Pemkab Kukar. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved