Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Tinjau Desa Penghasil Gabah Terbesar di Sulsel, Bupati dan Jajaran Studi Aplikatif di Bone

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan kunjungan studi aplikatif program Pengembangan Pertanian dan Pariwisata, sekaligus

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Bupati Kukar dan jajaran saat kunjungan studi aplikatif program pengembangan pertanian dan pariwisata ke Pemkab Bone, Sulawesi Selatan, Kamis (31/3/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan kunjungan studi aplikatif program Pengembangan Pertanian dan Pariwisata, sekaligus silaturahmi ke Pemkab Bone, Sulawesi Selatan, Kamis (31/3/2022).

Rombongan dipimpin oleh Bupati Edi Damansyah dan Wabup Rendi Solihin beserta asisten dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Wiyono beserta beberapa kepala OPD terkait mengunjungi Baruga Tani Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Sipakainge di Dusun Pajakko, Desa Samaelo, Kecamatan Barebbo, Bone.

Desa tersebut merupakan penghasil beras terbesar di wilayah Sulawesi Selatan.

Baca juga: Pengurus MUI Kukar 2021-2026 Dikukuhkan, Bupati Kukar Minta Tingkatkan Dakwah dan Ekonomi Ummat

Wiyono pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih pada Pemkab Bone yang diwakil Kadis Pertanian Bone, Andi Asman Sulaiman, telah menerima rombongan dari Pemkab Kukar.

Kunjungan ke Desa Samaelo ini sekaligus melihat langsung area persawahan di Kecamatan Barebbo yang merupakan salah satu penghasil gabah terbesar di Sulsel.

Untuk diketahui, Bone merupakan salah satu di antara kabupaten penghasil beras terbesar di Sulawesi dan penyuplai beras ke Kalimantan.

"Kalimantan adalah daerah penghasil minyak, kelapa sawit dan tambang, jadi dalam kunjungan ini merupakan kesempatan yang tepat untuk kita saling berbagi pengetahuan soal potensi wilayah masing - masing," ujar Wiyono.

Baca juga: Bupati Kukar Edi Damansyah Minta BPD Bekerja Berbasis Data Akurat

Sementara itu, Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Bone, Andi Asman Sulaiman mengucapkan terima kasih dan menyambut baik kunjungan Pemkab Kukar tersebut.

"Ini merupakan satu kehormatan bagi petani warga Dusun Pajakko, Desa Samaelo Barrebbo, dikunjungi dari Pemkab Kukar. Lahan persawahan di Samaelo merupakan percontohan bagi pertanian di Bone. Adapun penanaman padi telah menggunakan mesin transplanter. Alhamdulillah kita mendapatkan dukungan sarana dari Menteri Pertanian RI," ucapnya. Rangkaian Kunker Pemkab Kukar di Bone juga diisi dengan ramah tamah dan makan malam bersama Bupati Bone Fashar M Padjalangi. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved