Berita Pemkab Kuati Kartanegara

Tahun Ini Kukar Mulai Terapkan e-MTQ, MTQ Berbasis Elektronik

Pemkab Kukar ingin seluruh pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) lebih fokus dan memaksimalkan tugas dan fungsinya.

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Sekda Kukar Sunggono membuka Rakerda LPTQ Kukar di Hotel Gran Elty Tenggarong. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemkab Kukar ingin seluruh pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) lebih fokus dan memaksimalkan tugas dan fungsinya.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono membacakan sambutan Bupati Edi Damansyah saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) LPTQ Kukar di Hotel Gran Elty Tenggarong, pekan tadi.

Sunggono menyampaikan, pentingnya peran dan fungsi LPTQ tidak hanya terbatas pada penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) saja, namun lebih luas lagi yaitu bagaimana memberantas buta aksara membaca Alquran bagi umat Islam.

Baca juga: Bupati Edi Kukuhkan Pengurus LPTQ Kukar, Pengembangan Tilawatil Quran Harus Lebih Baik

Berkenaan dengan itu, pengurus LPTQ Kukar harus lebih fokus pada peran dan fungsi sebaik-baiknya, sejalan dan seiring, tetap solid dan searah.

"Menjadi pengurus LPTQ hendaknya bagaikan satu tubuh apabila salah satu dari anggota tubuh yang sakit, sekujur tubuh ikut merasakan sakitnya. Harus menjaga kekompakan dan bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait, " ujarnya.

Rakerda LPTQ juga tidak sekadar menyusun dan menjalankan program serta kegiatan LPTQ, tetapi harus mampu melahirkan gagasan-gagasan dan langkah-langkah baru yang konkret.

Perlu juga diingatkan, seiring kemajuan teknologi informasi komunikasi, sejak tahun lalu MTQ Tingkat Nasional di Sumatera Barat telah menerapkan MTQ berbasis elektronik atau e-MTQ.

"Kami yakin LPTQ Kabupaten Kukar juga akan mengikuti perkembangan terkini. Kami sangat berharap pada pelaksanaan MTQ ke-43 Tingkat Kabupaten Kukar di Loa Kulu 2022, e-MTQ sudah harus diterapkan. Sebab e-MTQ merupakan salah satu upaya untuk menutup celah penyimpangan dan pelanggaran yang dapat merusak kemurnian tujuan penyelenggaraan MTQ," pungkas Sunggono.

Baca juga: Pemkab Kukar Raih Predikat B, Penghargaan SAKIP dan Reformasi Birokrasi

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab Kukar Akhmad Taufik Hidayat, Kabag Kesra Mulyadi, dan seluruh Camat serta Sekretaris Camat se-Kukar. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved