Berita Pemkab Kuati Kartanegara

Bupati Edi Kukuhkan Pengurus LPTQ Kukar, Pengembangan Tilawatil Quran Harus Lebih Baik

Kepengurusan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) periode 2021-2025 dikukuhkan oleh Bupati Kukar Edi

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Bupati Kukar Edi Damansyah saat mengukuhkan pengurus LPTQ Kukar 2021-2025 di Masjid Agung Sultan Sulaiman. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kepengurusan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) periode 2021-2025 dikukuhkan oleh Bupati Kukar Edi Damansyah di Masjid Agung Sultan Sulaiman, awal pekan tadi.

Pengukuhan ditandai dengan pembacaan berita acara dan Surat Keputusan (SK) Bupati Kukar Nomor 15/SK-BUP/HK/2021, yang ditetapkan pada 20 Januari 2021.

Bupati Edi Damansyah selaku penasihat LPTQ mengungkapkan, pada 2014 lalu Kukar ditunjuk sebagai tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Kaltim tidak bisa juara umum.

MTQ tahun 2016 Kukar juga tidak bisa merebut juara umum.

Baca juga: Pemkab Kukar Raih Predikat B, Penghargaan SAKIP dan Reformasi Birokrasi

Bertolak dari itu, pada 2017 pihaknya melakukan evaluasi LPTQ Kukar menyeluruh.

Hasilnya, ditemukan salah satu faktor kegagalan itu, yakni 75 persen anggaran LPTQ digunakan untuk acara seremonial dan 25 persen untuk pembinaan.

"Dari hasil evaluasi itu, kami (pemkab) bersama pengurus LPTQ melakukan perubahan program dan pembiayaan di LPTQ. Jadi kami balik, 25 persen untuk seremonial, dan 75 persen untuk pembinaan. Hasilnya, alhamdulillah pada MTQ Kaltim belakangan ini, 4 kali Kukar meraih juara umum, " ujarnya.

Baca juga: Penentu Proses Mudik, Sekda Kukar Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Desa Jembayan

Edi mengingatkan, LPTQ tugasnya bukan hanya untuk menyiapkan dan melaksanakan MTQ, namun tugas besarnya mengembangkan tilawatil Quran.

"Ini yang saya ingatkan, pengembangan tilawatil Quran harus menjadi perhatian kepengurusan LPTQ Kukar periode 2021 - 2025. Sekali lagi saya garisbawahi, pengembangan tilawatil Quran harus lebih baik dan prioritas," tegasnya.

Edi juga meminta pada LPTQ Kukar terkait bagaimana implementasi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2021 tentang Program Gerakan Etam Mengaji (Gema) yang harus betul-betul dikawal oleh LPTQ Kukar. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved