Berita Pemkab Kuati Kartanegara

Pemkab Kukar Raih Predikat B, Penghargaan SAKIP dan Reformasi Birokrasi

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mendapatkan predikat B dalam penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Jajaran Pemkab Kukar saat mengikuti secara daring pengumuman penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Reformasi Birokrasi 2021. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mendapatkan predikat B dalam penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) 2021.

Hal itu diumumkan pada acara SAKIP & RB Award 2021 yang dilaksanakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) secara daring dan luring.

Pemkab Kukar dalam hal ini Asisten III Bidang Administrasi Umum, Totok Heru Subroto bersama kepala perangkat daerah terkait mengikuti di Ruang Vidcon lantai 2 Kantor Bupati Kukar, pekan tadi.

Baca juga: Datangi Rumah Warga, Wabup Kukar Serahkan Minyak Goreng

Dalam laporannya, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan KemenPAN-RB, Erwan Agus Purwanto mengatakan, sebanyak 308 pemerintah kabupaten/pemkot mendapatkan predikat nilai CC dalam SAKIP dan RB Tahun 2021.

Sedangkan 127 pemkab/pemkot mendapat predikat B.

Secara total sampai dengan 2021 ini terdapat satu pemerintah provinsi (pemprov) berpredikat A, 5 pemprov dan 12 pemkab/pemkot mendapat predikat BB, 22 pemprov mendapat predikat B.

Dijelaskannya, pada 2021 evaluasi telah dilakukan terhadap 79 Kementerian lembaga 34 pemprov untuk SAKIP dan RB serta 494 kabupaten/kota untuk SAKIP dan 441 kabupaten/kota untuk RB, dengan total unit yang menjadi sampel evaluasi mencapai 22 ribu unit.

Hasil dari evaluasi tersebut terjadi peningkatan rata – rata nilai SAKIP pada tingkat Kementerian Lembaga menjadi 71,30 dari sebelumnya 70,75, pada pemprov menjadi 70,88 dari sebelumnya 70,02, dan pada pemkab/pemkot menjadi 61,60 dari sebelumnya 60,68.

Baca juga: Sekda Hadiri Pengukuhan Komite Ekonomi Kreatif Muara Badak, Bupati Minta Update Data Pelaku Ekraf

Selanjutnya, Sekretaris Kementerian PAN RB Rini Widyantini membacakan sambutan MenPAN RB Tjahjo Kumolo mengatakan cita-cita untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik membutuhkan komitmen nyata dan perbaikan berkesinambungan pada berbagai aspek tata kelola pemerintahan.

Seiring waktu, ada peningkatan komitmen pimpinan instansi pemerintah, khususnya pemerintah daerah.

Implementasi SAKIP juga merupakan bagian dari transformasi cara dan budaya kerja melalui penerapan manajemen kinerja sektor publik dan anggaran berbasis kinerja.

Diharapkan para gubernur, bupati, wali kota, dan sekretaris daerah untuk meningkatkan komitmen dan fokus pada kinerja yang memberikan manfaat dan dampak signifikan untuk masyarakat, serta fokus pada upaya perubahan konkret dalam pelaksanaan reformasi birokrasi. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved