Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Peneliti Komnas HAM Lakukan Analisis Dampak UU IKN, Pemkab Kukar Siap Berikan Data

Pemkab Kukar diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Akhmad Taufik Hidayat didampingi Kepala Perangkat Daerah terkait

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Akhmad Taufik Hidayat menerima kunjungan Komnas HAM. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemkab Kukar diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Akhmad Taufik Hidayat didampingi Kepala Perangkat Daerah terkait menerima kedatangan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dalam rangka pengumpulan data, wawancara dan observasi kajian ibu kota negara (IKN) di Ruang Eksekutif Kantor Bupati, Tenggarong, pekan tadi.

Komisioner Pengkajian dan Penelitian Komnas HAM, Sandrayati Moniaga melalui perwakilan Tim A Peneliti Komnas HAM Amiruddin Al Rahab mengatakan, kedatangan mereka untuk melakukan pengumpulan data dan observasi di lapangan mengenai terdampak UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN.

Disebutnya, Komnas HAM mencatat dugaan pelanggaran HAM yang terjadi di sejumlah daerah di Kaltim.

Baca juga: Pemkab dan BPOM Kaltim Sidak Pasar Ramadan, Tidak Temukan Pangan Berbahaya

Kasus yang dimaksud antara lain dugaan pelanggaran HAM terkait hak atas tanah, hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat, masyarakat hukum adat, pertambangan dan sebagainya. 

Disebutnya, apabila tidak ada perhatian pemerintah dalam melakukan pengawasan hingga pemulihan akan berpotensi menambah persoalan di wilayah IKN baru dan sekitarnya.

Maka, Komnas HAM berupaya meningkatkan perlindungan dan penegakan HAM guna berkembangnya pribadi manusia Indonesia seutuhnya dalam berkehidupan.

"Jadi kajian ini untuk memberikan masukan kepada pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan terkait pemindahan IKN dalam perspektif HAM, dan menganilisa dampak pengesahan UU IKN yang berpotensi mengakibatkan adanya penurunan kualitas hak-hak asasi warga," ujarnya.

Baca juga: Terima Kunjungan GM PLN UIP Kalbagtim, Bupati Kukar Dukung Proyek Infrastruktur Ketenagalistrikan

Sementara, Akhmad Taufik Hidayat menyambut baik kegiatan Komnas HAM di Kukar yang menjadi bagian lokasi IKN dan memastikan tidak ada pelanggaran HAM masyarakat sekitar rencana pembangunan IKN.

"HAM ini sangat penting ditegakkan agar tidak ada yang dirugikan pada pembangunan IKN. Maka kami menyambut baik kegiatan Komnas HAM di Kukar. Kami siap memberikan informasi dan data yang diperlukan," sambutnya.

Acara diakhiri dengan saling bertukar cenderamata antara Pemkab Kukar dan tim peneliti Komnas HAM. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved