Berita Kaltim Terkini

Isran Noor Resmikan Kantor Baru Disperindagkop Kaltim, Inginkan Ada Peningkatan Pelayanan

Kantor baru Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Provinsi Kalimantan Timur diresmikan hari ini, Selasa (26/4/2022).

TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Gubernur Isran Noor menggunting pita peresmian Kantor Disperindagkop Kaltkm dan UKM di Jalan MT Haryono Kota Samarinda Kalimantan Timur, Selasa (26/4/2022). TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kantor baru Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Provinsi Kalimantan Timur diresmikan hari ini, Selasa (26/4/2022).

Gubernur Kaltim Isran Noor hadir langsung di gedung yang baru, Jalan MT Haryono No. 45 Samarinda.

Usai gelaran acara seremonial pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya pengoperasional gedung baru, Isran Noor juga meninjau stan pameran yang menampilkan berbagai produk hasil kerajinan sejumlah UMKM di Kaltim.

"Selamat atas diresmikannya gedung baru ini. Semoga kantor ini bermanfaat dan berguna bagi pelayanan kepada masyarakat dan pelaku usaha dalam rangka peningkatan perekonomian Kaltim," ucap Isran Noor.

Isran Noor mengemukakan, terkait gedung baru Disperindagkop dan UKM Provinsi Kaltim yang dibangun dengan dana APBD sebesar Rp 53 miliar, merupakan investasi jangka panjang dalam bentuk pelayanan kepada masyarakat serta para pelaku usaha. 

Baca juga: Hasil RDP Komisi II DPRD Kaltim dengan Disperindagkop Kaltim, Stok Kebutuhan Pokok Dipastikan Aman

Informasi yang didapat Isran Noor dari para petugas pelayanan dan uji laboratorium serta kalibrasi UPTD Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu bahwa tahun lalu dari uji laboratorium dan kalibrasi saja sudah diperoleh penerimaan sebesar Rp 700 juta.

"Jadi, jangan dibandingkan dengan nilai proyek bangunan Rp 53 miliar, ini Investasi. Bukan dilihat dari manfaat finansialnya, tetapi manfaat ekonomi dalam rangka pelayanannya," tutur Isran Noor.

Terpisah, Kepala Disperindagkop dan UKM Kaltim HM Yadi Robyan Noor sendiri juga melaporkan berbagai capaian bidang industri, perdagangan dan koperasi di hadapan Gubernur Kaltim.

Tugas membantu pencapaian visi dan misi Kaltim Berdaulat 2019-2023 juga dipaparkan sejumlah keberhasilan.

Salah satunya ialah sharing omzet UMKM terhadap PDRB tahun 2021 yang mencapai Rp 54 triliun. 

Tahun ini ditargetkan mampu mencapai Rp 58 triliun.

Baca juga: Kepala Disperindagkop dan UMKM Kaltim Sebut Ekspor CPO Lebih Menguntungkan

Untuk tahun 2023 diprediksi ekonomi akan terus membaik.

Target sharing UMKM terhadap PDRB diperkirakan menyentuh angka Rp 76 triliun.

"Kita ingin memastikan, meski pandemi semua aktivitas produksi barang dan jasa tetap bergerak positif di Kaltim," ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved