Berita Kutim Terkini

TPID Kutim Sidak Pasar Induk Sangatta, Harga Daging Sapi hingga Rp 170 Ribu per Kg

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, harga sejumlah bahan mengalami kenaikan mengikuti tingginya permintaan dari konsumen

Penulis: Syifaul Mirfaqo | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/SYIFA'UL MIRFAQO
Wabup Kutim Kasmidi Bulang bersama TPID melakukan sidak ke Pasar Induk Sangatta guna menjaga stabilitas harga jelang Hari Raya. TRIBUNKALTIM.CO/SYIFA'UL MIRFAQO 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA- Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, harga sejumlah bahan mengalami kenaikan mengikuti tingginya permintaan dari konsumen.

Oleh karenanya, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Kutai Timur melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Induk Sangatta (PIS).

Wakil Bupati Kutai Timur, H Kasmidi Bulang memimpin langsung sidak tersebut guna memastikan ketersediaan pangan jelang lebaran di awal bulan Mei mendatang.

Salah satu bahan pangan yang menjadi target sidak adalah harga dan ketersediaan daging sapi yang banyak dibeli masyarakat.

Pemerintah memberikan toleransi kenaikan harga daging guna menjaga stabilitas harga daging di Kutai Timur khususnya Sangatta.

Baca juga: Wabup Kukar Kembali Bagikan Makanan dan Sembako, Sebarkan untuk Warga Lansia di Desa Gas Alam

Baca juga: Pasar Pangan Murah di Bontang, Paket Sembako Harga Subsidi Paling Diburu Warga

Baca juga: Gelar Pasar Pangan di TPI Tanjung Limau, DKPPP Bontang Jual Paket Sembako Harga Subsidi

“Kemungkinan yang naik itu daging. Kita sudah pastikan Rp 170.000 per kg, itu sudah harga maksimal dan kita sudah pastikan ketersediaan dagangnya aman,” ujarnya saat diwawancarai usai sidak, Kamis (28/4/2022).

Wabup Kasmidi memastikan tim akan terus memantau ketersediaan dan harga kebutuhan pokok di lapangan.

Dipastikan apabila ada pedagang yang menjual lebih dari harga yang ditetapkan, maka akan dilaporkan kepada tim TPID.

Selain daging, Kasmidi bersama tim juga memastikan harga telur ayam seharga Rp 48 ribu per piring dan ayam Rp 48 ribu per kg.

Kemudian khsusus untuk ikan tawar tidak ada kenaikan harga, kecuali ikan gabus karena permintaan banyak dan susah didapatkan.

“Ada kenaikan Rp 10 ribu, untuk ikan air laut kemungkinan stoknya aman, harga tidak terlalu signifikan naiknya,” ucapnya.

Pihaknya juga memastikan kebutuhan sayur dan sembako lainnya aman dan tersedia sampai hari raya.

Walaupun ada kenaikan harga yang terjadi di pasar, namun kenaikan tersebut masih dalam batasan wajar dan tidak terlalu signifikan.

Baca juga: Asisten II Hadiri High Level Meeting TPID Se-Kaltim, Ketersediaan Sembako di Mahulu Aman

Sementara untuk ketersediaan minyak goreng curah, akan ada tambahan khusus untuk PIS akan diturunkan 1 tangki mobil untuk memenuhi ketersediaan di Pasar.

“Untuk daerah PIS akan disediakan sesuai dengan permintaan para pedagang, khususnya minyak goreng curah yang bisa kita intervensi akan diturunkan 1 tangki disini,” ucapnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved