Berita Balikpapan Terkini

BPJS Kesehatan Balikpapan Siapkan Tim Reaksi Cepat, Pemudik Ditolak Faskes Bisa Hubungi Mobile JKN

BPJS Kesehatan Balikpapan menyiagakan tim reaksi cepat dalam membantu memudahkan pelayanan selama libur Lebaran tahun 2022

TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI
Peserta BPJS Kesehatan tengah mendatangi kantor BPJS Kesehatan Balikpapan guna melakukan pelayanan.TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- BPJS Kesehatan Balikpapan menyiagakan tim reaksi cepat dalam membantu memudahkan pelayanan selama libur Lebaran tahun 2022.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mengantisipasi kejadian. Tim reaksi cepat ini bertugas untuk membantu masyarakat.

Terutama dalam mengatasi sejumlah masalah, misalnya ketika ada masyarakat yang ditolak oleh fasilitas kesehatan ketika sedang mudik.

Kepala BPJS Kesehatan Kota Balikpapan Sugianto mengatakan, apabila masyarakat mengalami kejadian itu maka bisa menghubungi mobile JKN di layanan telepon 165.

Baca juga: 185 Ribu Warga Balikpapan Terima BPJS Kesehatan Gratis Hingga Maret 2022

Baca juga: BLT Subsidi Gaji Belum Cair? Begini Kata BPJS Ketenagakerjaan/Kemnaker & Cara Cek Penerima BSU 2022

Baca juga: Respon Cepat BPJS Ketenagakerjaan, Santunan Korban Alfamart Roboh di Kalsel Langsung Diserahkan

"Misalnya kejadian seperti warga Jakarta yang ingin mudik ke Balikpapan kemudian ditolak di faskes itu bisa langsung hubungi layanan JKN," ujarnya, Sabtu (1/5/2022).

Sugianto memastikan, setiap laporan yang masuk akan tetap ditindaklanjuti oleh staf BPJS Kesehatan, karena sudah disiapkan staf yang stand by untuk melayani peserta.

Selain itu, juga ada layanan offline di kantor yang juga tetap buka selama libur Lebaran, hanya saja ada perubahan jam kerja yakni maksimal sampai jam 12 siang.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, ada beberapa kesulitan yang dihadapi pemudik dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Di antaranya mereka kebingungan ketika berada di luar daerah untuk menentukan fasilitas kesehatan yang digunakan.

Padahal berdasarkan aturan, sudah disampaikan jika para pemudik ini boleh mempergunakan fasilitas kesehatan dimanapun yang buka.

Baca juga: BLT Pekerja 2022 Tak Cair? Pastikan Cara Cek Penerima BLT BPJS dengan login bsu.kemnaker.go.id Benar

Hanya saja memang ada beberapa layanan kesehatan yang ditemukan masih menolak pasien ketika libur Lebaran ini yang kemudian dilaporkan kepada petugas BPJS Kesehatan. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved