Berita Nasional Terkini

Lengkap! Mengenal Sandi Jam, Semaphore, Kotak, Angka dalam Kegiatan Pramuka dan Penerapannya

Kenali lebih jauh apa itu Sandi Jam, Sandi Semaphore, Sandi Kotak, Sandi Angka dan Sandi Pramuka lainnya yang sering digunakan dan penerapannya.

Editor: Doan Pardede
TRIBUNKALTIM.CO/RISNAWATI
(ilustrasi) Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang pada peringatan HUT ke-60 Pramuka di Tana Tidung. Kenali lebih jauh apa itu Sandi Jam, Sandi Semaphore, Sandi Kotak, Sandi Angka dan Sandi Pramuka lainnya yang sering digunakan dan penerapannya. 

Sandi pada pramuka biasanya dipraktikkan dalam setiap kegiatan.

Sandi-sandi pramuka ini biasanya digunakan untuk memecahkan teka-teki dalam sebuah permainan, ataupun sebagai media komunikasi antar regu agar sebagai strategi kelompok tidak diketahui kelompok lainnya.

Baca juga: Terbaru! Terjawab Kenapa Baju Pramuka Warna Coklat, Ada Kisah dan Makna Mendalam di Baliknya

Selain itu sandi tersebut juga berguna bagi para pencinta alam agar tidak tersesat.

Untuk itu, kenali lebih jauh apa itu Sandi Jam, Sandi Semaphore, Sandi Kotak, Sandi Angka dan Sandi Pramuka lainnya digunakan dan penerapannya yang dirangkum TribunKaltim.co dari berbagai sumber:

1. Sandi AND

Macam sandi Pramuka berikutnya adalah sandi AND. Berbeda dengan sandi-sandi sebelumnya, sandi pramuka yang satu ini menggunakan berbagai kata yang terdiri dari huruf AND sebagai komponen penyusun kata. Dalam sandi ini, huruf AND tidak perlu dibaca sehingga huruf yang tersisa dapat disusun dengan huruf lain sampai membentuk sebuah kata atau beberapa kata. Untuk lebih jelas dapat melihat contoh berikut.

Diberikan kata sandi ANDA KANDU ANDA DANDA DANDI SANDI NANDI. Saat huruf AND pada masing-masing kata dihilangkan, sehingga tersisa beberapa huruf yang dapat membentuk kalimat, AKU ADA DI SINI. Ini juga termasuk salah satu macam sandi Pramuka yang mudah diingat dan dipraktikkan.

2. Sandi Kotak

Sandi Pramuka selanjutnya adalah sandi kotak. Sandi kotak ini diketahui menggunakan bahasa sansekerta yang bersifat rahasia. Artinya berbagai kode yang terdapat dalam sandi kotak ini hanya diketahui oleh masing-masing regu dalam pelaksanaan kegiatan Pramuka. Biasanya ssandi Pramuka yang satu ini digunakan saat kegiatan berkemah, untuk melatih masing-masing regu menyelesaikan teka-teki yang diberikan dalam sebuah permainan.

Dalam sandi ini, biasanya kata sandi dilambangkan oleh tanda garis lurus, garis tegak lurus, dan kotak dengan berbagai variasinya. Tanda garis tersebut biasanya juga dilengkapi dengan tanda titik yang jika digabungkan menjadi lambang huruf abjad tertentu. Sehingga jika dikombinasikan dengan kode sandi yang lain bisa membentuk sebuah huruf yang dapat dibaca.

3. Sandi Rumput

Macam sandi Pramuka yang sering digunakan dalam kegiatan Pramuka selanjutnya adalah sandi rumput. Seperti namanya, sandi rumput berupa berbagai lambang yang berbentuk seperti rumput dengan segala variasinya. Masing-masing variasi lambang rumput tersebut mewakili huruf abjad tertentu. Cara membacanya pun sama, yaitu mencari huruf pengganti dari masing-masing lambang rumput yang diberikan. Dengan begitu, hasilnya bisa membantuk sebuah kata hingga kalimat.

3. Sandi Sungai

Sandi sungai ini juga disebut dengan sandi 5 per 8, karena sandi ini terdiri dari 8 kolom dan 5 baris. Masing-masing kolom dan baris terdapat variasi huruf yang nantinya akan dibaca dengan arah berlawanan atau berseberangan. Sebagai contoh pada diberikan kode sandi OZO LOWOEO VOQPOQ BYHOS. Dengan menyimak kolom sandi di atas, masing-masing huruf pada kode sandi tersebut dicari huruf penggantinya. Sehingga hasilnya dapat dibaca ADA BAHAYA JANGAN LEWAT. Ini juga termasuk salah satu macam sandi Pramuka yang mudah dipraktikkan dalam kegiatan-kegiatan Pramuka.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved