Hepatitis Akut

Misteri Hepatitis Akut pada Anak, WHO Masih Selidiki Apakah Ada Sangkut Paut dari Covid-19

Misteri hepatitis akut pada anak masih belum terpecahkan. WHO pun masih menyelidiki apakah ada sangkut paut dari kasus Covid-19.

Penulis: Hartina Mahardhika | Editor: Syaiful Syafar
Newsdelivers
ILUSTRASI - Misteri hepatitis akut pada anak masih belum terpecahkan. WHO masih menyelidiki apakah ada sangkut paut dari kasus Covid-19. 

TRIBUNKALTIM.CO - Misteri hepatitis akut pada anak masih belum terpecahkan. WHO pun masih menyelidiki apakah ada sangkut paut dari kasus Covid-19.

Minggu lalu, WHO mengatakan bahwa 348 kasus hepatitis akut pada anak yang tidak diketahui asalnya telah diidentifikasi.

Sebelumnya telah dilakukan penelitian tentang adanya peran potensial adenovirus dan infeksi Covid-19 yang semakin meningkat.

Sehingga, diduga menyebabkan kasusnya hepatitis akut anak.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan hipotesis utama yang sampai saat ini masih diyakini karena adanya adenovirus.

Baca juga: Hepatitis Akut Rawan Jangkit ke Anak-anak, Epidemiolog Beber Alasannya

Baca juga: Benarkah Hepatitis Akut Dampak Long Covid-19? Simak Fakta dari Hasil Tes PCR Lengkap Hipotesa Ahli

Baca juga: Kemenkes Yakin Hepatitis Akut Berat Tidak Bakal jadi Pandemi Bak Covid-19

Kasus telah dilaporkan di 20 negara, dengan 70 kasus tambahan dari 13 negara lainnya yang menunggu klasifikasi karena tes menunggu penyelesaian.

Hanya enam negara yang melaporkan lebih dari lima kasus, dengan Inggris melaporkan lebih dari 160.

Philippa Easterbrook dari program hepatitis global WHO mengatakan bahwa selama seminggu terakhir, ada beberapa kemajuan penting dalam penyelidikan lebih lanjut dan beberapa penyempurnaan hipotesis kerja terhadap kasus hepatitis akut ini.

Dia mengatakan Inggris telah mengoordinasikan serangkaian studi komprehensif yang melihat genetika anak-anak yang terkena dampak, respons kekebalan mereka, virus, dan studi epidemiologi lebih lanjut.

WHO pertama kali diberitahu pada tanggal 5 April dari 10 kasus hepatitis akut yang tidak dapat dijelaskan di Skotlandia, terdeteksi pada anak-anak di bawah usia 10 tahun.

Baca juga: Penyebab Hepatitis Akut Diduga dari Adenovirus hingga Covid-19, Ahli dari Inggris Buka Suara

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengatakan pada hari Jumat (13/5/2022) bahwa pihaknya sedang menyelidiki 109 kasus seperti itu, termasuk lima kematian yang dilaporkan.

"Saat ini, hipotesis utama tetap yang melibatkan adanya kasus hepatitis yakni adanya adenovirus dengan juga pertimbangan penting tentang peran Covid-19 juga, baik sebagai koinfeksi atau infeksi yang sudah ada," kata Easterbrook.

Pengujian lebih lanjut dalam seminggu terakhir mengkonfirmasi bahwa sekitar 70 persen dari kasus dites positif untuk adenovirus, dengan sub-tipe 41 – biasanya terkait dengan gastroenteritis – sub-tipe yang lazim, tambahnya.

Pengujian juga menunjukkan bahwa sekitar 18 persen kasus secara aktif dinyatakan positif Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved