Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Pelantikan Dewan Pendidikan Kukar, Bupati: Harus Produktif Atasi Persoalan Pendidikan

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah melantik Dewan Pengurus Pendidikan Kukar periode 2022 - 2027 yang diketuai oleh Prof Dr Yonathan Paling

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Pelantikan Dewan Pendidikan Kukar periode 2022-2027 oleh Bupati Edi Damansyah di halaman SMPN 1 Tenggarong, Senin (6/6/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah melantik Dewan Pengurus Pendidikan Kukar periode 2022 - 2027 yang diketuai oleh Prof Dr Yonathan Palinggi di halaman SMPN 1 Tenggarong, Senin (6/6/2022).

Hadir pada acara itu Ketua Umum PB PGRI Prof Dr Unifah Rosyidi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar Thauhid Afrilian Noor, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kukar Irianto, beberapa kepala perangkat daerah terkait, guru-guru dan juga para siswa siswi SMPN 1 Tengarong.

Selain itu, juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara Disdikbud Kukar dengan MUI Kukar serta penyerahan SK pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) kepada guru honor yang telah lulus seleksi dan penyerahan laptop kepada guru penggerak.

Baca juga: Maslianawati Ajak PKK Aktif Bersinergi dengan Pemkab Kukar

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, saat ini Pemkab Kukar berupaya meningkatkan kualitas dunia pendidikan.

Itu terlihat jelas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026 misi kedua, yakni meningkatkan pembangunan SDM yang berakhlak mulia, unggul dan berbudaya.

Ada dua program unggulan yaitu Program 1000 Guru Sarjana dan Program Beasiswa Kukar Idaman.

Edi berharap pengembangan SDM bukan hanya pendidikan umum dan keterampilan tetapi juga dengan pendidikan agama dan karakter.

Itu bisa dilihat melalui program Gerakan Etam Mengaji (Gema) dan juga gerakan Membaca Kitab Suci bagi agama lainnya.

Baca juga: Puncak BBGRM Ke-19 Kukar, Bupati-Wabup Bersama Warga Bersihkan Fasilitas Umum

Menurut Edi, Dewan Pendidikan yang dilantik ini merupakan lembaga mandiri yang beranggotakan berbagai unsur masyarakat peduli pendidikan.

Artinya perhatian dan kepedulian lembaga ini terhadap dunia pendidikan sangat diharapkan sebagai solusi yang komprehensif dalam mewujudkan dunia pendidikan berkualitas.

Dewan Pendidikan, menurutnya, merupakan mitra strategis bagi pemerintah daerah dalam mengurusi masalah pendidikan.

"Mari bangun komunikasi dan koordinasi efektif sehingga terjadi kolaborasi dan sinergi yang utuh untuk menghasilkan berbagai kebijakan strategis di bidang pendidikan," ujarnya. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved