28-30 Juni, PT LPP Agro Nusantara dan BPDP-KS Gelar Program Pengembangan SDM Perkebunan Kelapa Sawit

PT LPP Agro Nusantara dan BPDP-KS berinisiatif menggelar "Pelatihan Penumbuhan Kebersamaan Pekebun" di Hotel Gran Senyiur, 28-30 Juni 2022.

Editor: Diah Anggraeni
HO
PT LPP Agro Nusantara dan BPDP-KS bakal menggelar "Pelatihan Penumbuhan Kebersamaan Pekebun" di Hotel Gran Senyiur, 28-30 Juni 2022. Kegiatan untuk meningkatkan sumber daya manusia perkebunan ini bakal diikuti 248 pekebun kelapa sawit dari Kabupaten Paser. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kebutuhan akan hasil perkebunan, khususnya kelapa sawit, menunjukkan tren yang semakin meningkat.

Di samping untuk kebutuhan konsumsi rumah tangga, hasil olahan kelapa sawit juga digunakan sebagai salah satu bahan industri,  sehingga permintaan akan komoditas kelapa sawit tentunya akan meningkat juga ke depannya.

Untuk mengakomodasi tingginya demand pasar, tentunya harus diimbangi dengan meningkatkan supply dari para produsen sawit.

Peningkatan supply tersebut, di antaranya,  dengan menaikkan produktivitas yang sesuai dengan target dan mutu produksi CPO yang sesuai.

Baca juga: Lama Diperjuangkan, 2 PKS Akhirnya Bermitra dengan Koperasi Petani Kelapa Sawit di Paser

Untuk itu, tentunya diperlukan sumber daya manusia (SDM) terampil dan kompeten.

Perkebunan rakyat sebagai salah satu penopang industri sawit negara haruslah juga dikelola secara baik, terarah, profesional.

Terpenting adalah mampu berperan aktif dalam menciptakan suatu sistem industri kelapa sawit yang berkesinambungan atau sustainable.

Untuk menuju tata kelola perkebunan sawit rakyat yang berkelembagaan, sustain, professional dan baik, maka dibutuhkan dukungan SDM yang kompeten.

Pengembangan SDM perkebunan kelapa sawit ini dilakukan secara terintegrasi baik melalui penyuluhan, pendidikan, pelatihan maupun pemberian fasilitas pendampingan bagi pekebun oleh tenaga ahli sawit.

Pengembangan SDM perkebunan kelapa sawit ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemaham, keterampilan, profesionalisme, kemandirian dan dedikasi dari para pekebun, tenaga pendamping dan masyarakat perkebunan kelapa sawit lainnya.

Hal tersebut selaras dengan visi, misi, strategi serta tujuan bisnis PT LPP Agro Nusantara (d/h College Gula Negara), lembaga pendidikan dan pelatihan yang berfokus pada peningkatan SDM perkebunan sejak tahun 1950.

Baca juga: Jaga Kestabilan Harga TBS, Seluruh Pabrik Kelapa Sawit Didorong untuk Bermitra dengan Petani Plasma

PT LPP Agro Nusantara berinisiatif untuk menyelenggarakan program Pengembangan SDM Kelapa Sawit yang diinisiasi oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS).

Dalam rangka menyiapkan SDM perkebunan sawit rakyat yang kompeten dan terintegrasi tersebut, pemerintah melalui BPDP-KS yang bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian serta PT LPP Agro Nusantara yang berkantor pusat di Yogyakarta, menyelenggarakan program Pengembangan Sumber Daya Manusia yang ditujukan bagi pekebun kelapa sawit guna meningkatkan kebersamaan antar pekebun.

Program pengembangan SDM sawit yang diselenggarakan adalah Pelatihan Penumbuhan Kebersamaan Pekebun.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved