Berita Balikpapan Terkini

Daya Tampung Sekolah di Balikpapan Tak Sebanding dengan Jumlah Peserta Didik Baru

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SD dan SMP di Balikpapan ditutup kemarin, Kamis (30/6/2022).

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Proses pelaksanaan PPDB di Kota Balikpapan. Sekretaris PPDB Disdik Balikpapan mengemukakan, daya tampung sekolah tak sebanding dengan jumlah peserta didik baru TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SD dan SMP di Balikpapan ditutup kemarin, Kamis (30/6/2022).

Daya tampung sekolah di beberapa daerah menjadi atensi khusus Dinas Pendidikan atau Disdik Kota Balikpapan karena jumlah peserta didik baru yang tak sebanding dengan jumlah sekolah negeri yang berada di sekitar wilayah tersebut.

"Di sistem (PPDB) itu kelihatan bahwa sekolah-sekolah tertentu memang tidak terpenuhi jumlah kuotanya, jadi pemenuhan jumlah kuota itu karena posisi/letak sekolah itu juga," ucap Ganung Pratikno, Sekretaris PPDB Disdik  Balikpapan.

"Contohnya saja di wilayah Balikpapan Kota dan Balikpapan Tengah itu ada sekian banyak sekolah yang kuotanya tidak terpenuhi," tambahnya.

Ia menyebut, jumlah SD yang ada di Balteng dan Balkot sangatlah cukup sementara hal tersebut tak sebanding dengan perkembangan penduduk yang hampir stuck/tidak bergerak di daerah tersebut.

Baca juga: Moment Liburan Sekolah di Balikpapan, BSB hadirkan Ice Skating dan Snow Playland

"Soalnya, yang lain pada lari ke perumahan, ke daerah selatan dan utara," ungkapnya.

Ganung juga menyampaikan target rasio keberterimaan siswa hingga kemarin ternyata belum mencapai target.

"Sampai hari ini rasio keberterimaan siswa kita itu secara umum belum mencapai apa yang diinginkan, seperti targetnya 75 persen mampu menampung," ucapnya pada TribunKaltim.co, Jumat (1/7/2022).

Adapun, keberadaan sekolah baru di dua kecamatan Balikpapan Utara dan Barat dinilai tak sesuai dengan angka pertumbuhan masyarakat yang terjadi di daerah-daerah tersebut.

Baca juga: Server PPDB Online di Kutim Lelet, Calon Wali Murid Panik dan Datangi Sekolah

"Penyebaran sekolah Alhamdulillah tahun ini sudah ada sekolah baru, yaitu SMPN 24 di Utara dan  SMPN 25 di Barat tetapi ternyata pertambahan penduduk kita ini harus mengikuti juga," tuturnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved