Kesehatan

Jenis Penyakit Kulit yang Kerap Kali Dialami Jamaah Haji, Kenali Gejala dan Solusinya

Sebentar lagi akan berlangsung kegiatan ibadah haji di Arab Saudi. Banyak jamaah datang dari berbagai penjuru dunia, sambangi tanah suci

Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL
ILUSTRASI peserta calon jamaah haji asal Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur mengikuti tahapan kegiatan manasik haji di halaman masjid Islamic Center Kutai Barat. Hal yang perlu jadi perhatian para jamaah haji ialah soal kesehatan kulit. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sebentar lagi akan berlangsung kegiatan ibadah haji di Arab Saudi. Banyak jamaah datang dari berbagai penjuru dunia, sambangi tanah suci untuk tunaikan ibadah haji. 

Saat menunaikan ibadah haji tentu perlu adaptasi, sebab tiap-tiap negara kadang ada yang berbeda dengan kondisi di Arab Saudi

Hal yang menjadi perhatian para jamaah haji ialah soal kesehatan tubuh yang tidak boleh dianggap enteng.

Penting untuk diperhatikan agar selama beribadah haji bisa berlangsung lancar, aman dan selamat saat nanti sekembalinya ke negara asal. 

Baca juga: Kena Penyakit Kulit dan Rematik, 371 Pekerja Migran Indonesia Dideportasi dari Malaysia

Baca juga: Yodi Prabowo Jalani Tes di Poli Penyakit Kulit dan Kelamin RSCM, Polisi Duga Ada Masalah Kesehatan

Baca juga: Nasehat Guberur Isran Noor pada Calon Jamaah Haji Kloter Kaltim: Banyak Minum Air Putih

Tantangan yang biasa dihadapi para jamaah haji yakni seperti di antaranya adalah serangan penyakit kulit yang menyerang tubuh.

Hal ini perlu diwaspadai, diantisipasi demi menjaga tubuh tetap sehat prima, bugar dan selamat.  

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut selain dehidrasi, jamaah haji Indonesia rentan mengalami permasalahan pada kulit.

Penyakit kulit itu disebabkan suhu panas dengan kelembapan yang rendah di Arab Saudi.

Setidaknya, jemaah pada musim haji 2022 berisiko mengalami kondisi kulit kering dan pecah-pecah, yang pada akhirnya menimbulkan rasa tidak nyaman.

Kondisi tersebut juga bisa mengarah pada terjadinya penyakit, atau memperparah kondisi kesehatan orang yang sebelumnya memiliki riwayat diabetes.

Dijelaskan dokter spesialis dermatologi dan venereologi Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah, dr Milany Harirahmawati, ada sejumlah penyakit kulit yang kerap kali dialami jemaah haji, antara lain:

- Xerosis kutis;

- Dermatitis atopik;

- Selulitis.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved